Empat Warga Cirebon Hendak ke Bandara Soetta Dikirim ke Wisma Atlet

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Empat Warga Cirebon Hendak ke Bandara Soetta Dikirim ke Wisma Atlet


JawaPos.com–Empat warga Cirebon, Jawa Barat, dinyatakan reaktif Covid-19 berdasar hasil tes usap antigen di posko penyekatan arus balik Kilometer 34 Cibatu, Cikarang Selatan. Mereka dikirim petugas ke Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

”Hasil pemeriksaan terindikasi empat orang positif Covid-19. Penumpang yang reaktif langsung dibawa petugas ke Wisma Atlet untuk menjalani pemeriksaan lanjutan yakni PCR dan melakukan isolasi,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo seperti dilansir dari Antara di Cikarang, Sabtu (29/5).

Sambodo mengatakan, empat orang itu merupakan bagian dari delapan penumpang kendaraan yang terjaring pemeriksaan saat melintasi posko penyekatan di Jalan Tol Ruas Jakarta–Cikampek.

Delapan penumpang itu berniat melakukan perjalanan dari Cirebon menuju Bandara Soekarno-Hatta. Saat melintasi posko penyekatan KM 34, seluruh penumpang menjalani tes usap antigen.

Setelah hasil tes keluar, kata dia, empat penumpang yang dinyatakan reaktif kemudian dipisahkan petugas dari empat penumpang lain yang negatif.

Petugas selanjutnya mengantarkan empat warga reaktif itu menggunakan bus khusus ke wisma atlet. Empat penumpang non reaktif mengikuti rombongan bus menuju lokasi yang sama menggunakan kendaraan sendiri.

”Jadi empat orang yang negatif ini terpisah dari bus, mengikuti bus dari belakang menuju wisma atlet,” terang Sambodo.

Sambodo kembali mengingatkan segenap masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selalu memakai masker saat beraktivitas, sering mencuci tangan dengan sabun atau penyanitasi tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

”Wabah ini belum berakhir jadi prokes ketat selalu diterapkan. Tidak usah bepergian kalau tidak penting,” ucap Sambodo.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan 14 titik pemeriksaan surat keterangan bebas Covid-19 yang juga menyediakan layanan tes usap (swab) antigen gratis. Pos tersebut disiapkan setelah diterapkan kebijakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta wajib mempunyai surat keterangan bebas Covid-19.

”Apabila pemudik tidak mempunyai surat keterangan bebas Covid-19, yang bersangkutan akan diarahkan petugas untuk melakukan tes usap antigen di pos-pos yang sudah disediakan,” kata Sambodo.

Pemudik yang negatif Covid-19 diperbolehkan melanjutkan perjalanan menuju ibu kota. Sedangkan yang positif akan dibawa ke wisma atlet untuk menjalani tes usap PCR. Adapun lokasi pos pemeriksaan dan layanan tes usap antigen tersebut, yakni:

  1. Area parkir KM 34B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.
  2. Terminal Kalideres.
  3. Terminal Pulogebang.
  4. Terminal Tanjung Priok.
  5. Terminal Kampung Rambutan.
  6. Kebon Nanas, Kota Tangerang.
  7. Jatiuwung, Kota Tangerang.
  8. Kantor Dishub Batuceper, Kota Tangerang.
  9. Jalan Raya Rengas-Lemahabang, Kabupaten Bekasi.
  10. Pos Sasak Jarang, Kota Bekasi.
  11. Pos Tomyang, Kota Bekasi.
  12. Jalan Raya Parung, Ciputat, Bojongsari, Depok.
  13. Jalan Raya Bogor di SPBU Cilangkap.
  14. Jalan Gatot Subroto, Bitung, Tangerang Selatan.

Empat Warga Cirebon Hendak ke Bandara Soetta Dikirim ke Wisma Atlet