Akses Masuk Kudus Ditutup Sementara Tekan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Akses Masuk Kudus Ditutup Sementara Tekan Covid-19


JawaPos.com–Akses masuk ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditutup sementara demi mencegah masuknya kendaraan luar kota. Itu dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 yang jumlah kasusnya makin bertambah.

Salah satu akses masuk ke Kudus yang ditutup, yakni di Tanggulangin yang menjadi pintu utama masuknya kendaraan dari luar daerah. Terutama dari arah Semarang. Penutupan akses menggunakan pembatas air dan hanya menyisakan akses untuk kendaraan roda dua.

”Kami memang perlu melakukan langkah konkret. Salah satunya dengan menutup akses masuk ke Kudus dan menyekat agar warga luar daerah untuk sementara tidak masuk ke Kudus,” kata Bupati Kudus Hartopo seperti dilansir dari Antara di Kudus.

Menurut dia, yang dicegah masuk tidak hanya sekadar bus wisata dari luar kota, termasuk bus mikro maupun kendaraan pribadi dari luar kota. Selain mencegah masuknya warga luar kota, Tim Satgas Covid-19 Kudus juga melakukan uji cepat antigen secara acak untuk mengecek ada tidaknya warga yang terpapar virus korona.

Pemerintah Kabupaten Kudus juga sudah menutup semua objek wisata untuk sementara waktu sambil menunggu perkembangan kasus Covid-19 di Kudus. ”Jika ada penurunan, tentu aktivitas perekonomian masyarakat akan normal kembali, termasuk objek wisata di Kudus,” ujar Hartopo.

Dia mengakui, tidak bisa memastikan kapan penutupan akses masuk dan penyekatan berlangsung. Sebab, hal itu disesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kudus.

Melonjaknya kasus Covid-19 di Kudus secara signifikan salah satunya timbul dari klaster rumah tangga. Banyak warga melakukan anjang sana tanpa mematuhi protokol kesehatan, penyebaran Covid-19 hampir merata di berbagai kecamatan di Kudus.

Sementera itu, Dishub Kudus menyiagakan 70-an personel untuk menghalau bus wisata di enam titik yang terbagi menjadi tiga gilir kerja. Di antaranya, di Kerawang, Ngembalrejo, Jalan Lingkar Kencing, Tugu Dawe, Poroliman Tanjung, dan Jetak.  Cuplikan video tentang penjemputan pasien-pasien Covid-19 di Kudus menjadi salah satu hal yang menarik perhatian warga.


Akses Masuk Kudus Ditutup Sementara Tekan Covid-19