Menag Ajak Umat Buddha Rekatkan Tali Persaudaraan di Waisak 2021

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Menag Ajak Umat Buddha Rekatkan Tali Persaudaraan di Waisak 2021


JawaPos.com – Umat Buddha hari ini merayakan Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis. Karena masih pandemi, perayaan dilakukan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan Selamat Hari Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis kepada umat Buddha di Indonesia. Menag mengapresiasi komitmen dan kepatuhan umat Buddha dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Ia juga mengajak umat untuk terus merawat kerukunan dan persaudaraan.

“Melalui momentum peringatan Hari Tri Suci Waisak 2565 tahun buddhis ini, saya berpesan kepada seluruh umat Buddha untuk terus merekatkan tali persaudaraan antarsesama,” ujar Gus Yaqut, sapaan akrabnya di Jakarta, Rabu (26/5).

Menurut Menag, pesan merekatkan persaudaraan ini sejalan dengan ajaran yang tertuang dalam kitab suci Dhammapada bahwa ‘Kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan. Pembabaran Ajaran Benar merupakan sebab kebahagiaan. Persatuan merupakan sebab kebahagiaan. Dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan’.

“Saya berharap, umat Buddha terus dapat memiliki pikiran, ucapan, dan perilaku damai sebagai wujud nyata cahaya kebenaran dalam meningkatkan kualitas beragama dan kerukunan antarsesama,” pesannya.

Dirinya pun turut mengajak umat Buddha Indonesia untuk ikut serta dalam upaya pengembangan Candi Borobudur. Di mana pemerintah sendiri telah mengambil langkah strategis dalam merealisasikan program restorasi Borobudur yang berfokus pada nilai-nilai spiritual dan pendidikan dari situs Borobudur.

“Jadikanlah nilai-nilai luhur itu sebagai spirit untuk bangkit dan bersatu, bersama-sama menjadikan Candi Borobudur sebagai destinasi kunjungan religi agama Buddha dunia,” ajak dia.

“Mari sukseskan restorasi Borobudur. Saya yakin dan percaya bahwa dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki, umat Buddha Indonesia dapat mengambil peluang tersebut dengan sebaik-baiknya,” tandas Yaqut.


Menag Ajak Umat Buddha Rekatkan Tali Persaudaraan di Waisak 2021