Angkut 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Angkut 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar


JawaPos.com – Kapal motor (KM) Karya Indah yang mengangkut 181 penumpang mengalami kebakaran di perairan laut Pulau Limafatola, Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, kemarin pukul 07.00 WIT. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menghanguskan seluruh bagian kapal tersebut.

Evakuasi penumpang maupun anak buah kapal dilakukan tim gabungan. Di antaranya, tim reaksi cepat Kantor Kesyahbandaran dan Operasional Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate serta Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sanana. Ada juga tim dari unsur Basarnas.

Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona mengatakan, tim berhasil mengevakuasi 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK). Seluruh penumpang itu terdiri atas 155 orang dewasa, 22 anak-anak, dan 4 lansia. Kapal nahas tersebut melakukan perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanan.

”Di tengah perjalanan, kapal tiba-tiba mengalami insiden kebakaran,” ujarnya. Affan menyatakan, sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran kapal berkapasitas 300 orang tersebut. Pada tahap awal, dia menuturkan bahwa tim berfokus pada evakuasi penumpang dan ABK.

Baca juga: Bawa 181 Penumpang, Kapal Karya Indah Terbakar di Perairan Lomafatola

Affan menuturkan, saat evakuasi, seluruh penumpang sudah mengenakan life jacket sesuai dengan prosedur keselamatan. Dia mengapresiasi kesiapan ABK yang menerapkan SOP keselamatan dalam kondisi darurat tersebut. Dengan begitu, potensi korban jiwa bisa diminimalkan. Evakuasi menggunakan kapal milik pemerintah serta melibatkan kapal-kapal pelayaran yang sedang melintas.


Angkut 181 Penumpang, KM Karya Indah Terbakar