Menko PMK Dorong Perpres Manajemen Talenta Ciptakan SDM Unggul

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Menko PMK Dorong Perpres Manajemen Talenta Ciptakan SDM Unggul


JawaPos.com–Setiap manusia memiliki potensi atau talenta yang tertanam di dalam dirinya. Dari berbagai macam jenis talenta, manusia memiliki satu potensi, baik itu yang sudah muncul atau tengah digali.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, talenta menjadi salah satu syarat dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia. Talenta bisa diketahui sejak dini pada seseorang.

”Pencarian talenta sejak dini menjadi hal utama untuk menciptakan SDM unggul. Jadi misalnya kalau kita ingin unggul teknologi terutama teknologi digital ya harus kita cari, kita sisir anak yang punya talenta di bidang itu sejak dini,” kata Muhadjir Effendy melalui keterangannya, Senin (31/5).

Salah satu contoh baik dalam pencarian talenta adalah Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang berhasil menciptakan karya inovasi di bidang digital. Di antaranya alat pendeteksi kebakaran hutan hingga lampu penerang jalan nyala otomatis.

”Semangat ITP Purwokerto dalam pencarian bakat di bidang teknologi sejalan dengan rencana pemerintah untuk mewujudkan program Manajemen Talenta Nasional yang ingin dibangun pemerintah untuk mewadahi talenta anak bangsa,” tutur Muhadjir Effendy.

Terkait dengan meningkatkan talenta, menurut dia, saat ini, pemerintah tengah menggodok Peraturan Presiden (Perpres) tentang Manajemen Talenta. Pemerintah ingin supaya bakat anak-anak Indonesia dapat dikembangkan dengan baik dengan program tersebut.

”Pak Presiden memerintahkan kepada kami untuk mendesain manajemen talenta untuk merekrut dan membina talenta muda di semua sektor. Mulai dari sektor olahraga hingga penguasaan teknologi,” kata Muhadjir Effendy.


Menko PMK Dorong Perpres Manajemen Talenta Ciptakan SDM Unggul