Indonesia Masih Nyangkut di Daftar Suspend Saudi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Indonesia Masih Nyangkut di Daftar Suspend Saudi


JawaPos.com – Arab Saudi secara mulai melepas status suspend atau larangan terbang untuk sejumlah dengan kasus Covid-19 yang tinggi. Sebanyak 11 dari 20 negara sudah dilepas status suspend-nya. Sayangnya Indonesia masih nyangkut dalam daftar suspend bersama delapan negara lainnya.

Sebelumnya keputusan suspen untuk 20 negara diterbitkan Saudi pada 3 Februari 2021 lalu. Negara yang di-suspend otomatis tidak bisa menjalankan penerbangan atau transportasi lain ke Arab Saudi. Informasi terbaru soal daftar negara yang disuspen Arab Saudi diterbitkan Sabtu (29/5) waktu setempat.

Sebelas negara yang sudah bebas dari daftar suspend dan bisa terbang ke Saudi adalah Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Jerman, Irlandia, dan Italia. Kemudian Portugal, United Kingdom, Swedia, Swiss, Prancis, serta Jepang. Sedangkan sembilan negara yang masih di-suspend adalah Indonesia, India, Afrika Selatan, Argentina, Brasil, Lebanon, Mesir, Pakistan, dan Turki.

Konsul Perhubungan KJRI Jeddah Amiruddin Muhammad Arsyad mengkonfirmasi bahwa Indonesia masih dalam daftar negara yang di-suspend atau di-ban Arab Saudi. Dia mengatakan keputusan pencabutan suspend untuk sebelas negara tersebut adalah kebijakan resmi dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

’’Sebelas negara yang dilepas ban-nya oleh Saudi adalah negara yang dianggap efektif dalam penanganan Covid-19,’’ katanya Minggu (30/5) kemarin. Dia tidak mengetahui kapan Saudi akan mencabut kembali daftar suspen atau ban untuk negara-negara berikutnya. Termasuk untuk Indonesia.

Dengan masih masuknya Indonesia dalam daftar yang di-suspend Arab Sudi, membuat peluang pengiriman jamaah haji tahun ini semakin tipis. Apalagi waktu penyelenggaraan haji semakin mepet. Sesuai estimasi jadwal yang disusun Kementerian Agama (Kemenag), dalam kondisi normal jamaah haji mulai diberangkatkan ke Saudi pada 15 Juni atau setengah bulan lagi.

’’Insya’allah tidak ada (pengiriman jamaah, Red) haji untuk Indonesia,’’ kata Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi) Syam Resfiadi. Dia menegaskan jangan harap Arab Saudi memberikan kuota haji kepada Indonesia, selama kondisi Covid-19 di Indonesia masih seperti sekarang ini.

Seperti diketahui setelah Idul Fitri terjadi tren peningkatan angka kasus harian Covid-19 di Indonesia. Data terbaru per 30 Mei menyebutkan kasus baru Covid-19 di Indonesia ada 6.155 kasus. Sementara itu jumlah kasus baru di Arab Saudi pada 29 Mei tercatat 1.106 kasus. Kasus Covid-19 di Arab Saudi juga cenderung naik setelah turun drastis pada awal Januari 2021 lalu.


Indonesia Masih Nyangkut di Daftar Suspend Saudi