BBPOM dan Pemkot Palembang Temukan Makanan Berformalin di Supermarket

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BBPOM dan Pemkot Palembang Temukan Makanan Berformalin di Supermarket


JawaPos.com–Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan setempat menemukan makanan mengandung formalin di dua supermarket di wilayah itu saat inspeksi mendadak.

”Ada 22 sampel yang diuji dan satu sampel positif mengandung formalin. Di supermarket lain ditemukan dua makanan mengandung formalin dari 35 sampel yang diujikan,” kata Fitrianti Agustinda seperti dilansir dari Antara. saat sidak di kawasan PTC Palembang, Kamis (10/12).

Pemkot dan BBPOM Palembang serta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel melaksanakan sidak untuk memastikan keamanan pangan jelang hari besar Natal dan tahun baru.

Selain kandungan makanan, menurut Fitrianti Agustinda,  kondisi kemasan dan kejelasan informasi produk juga diperhatikan. Sebab, mungkin terkategori kurang aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Dari sidak tersebut, BBPOM mengamankan 397 item makanan yang terkategori kemasan rusak, tanpa izin edar, tanpa kejelasan label, dan kedaluwarsa. Pemkot juga langsung memperingatkan pihak supermarket.

”Kami akan  menyusuri pasar tradisional maupun pusat penjualan makanan untuk memastikan makanan yang dijual aman dari zat berbahaya,” tutur Fitri.

Sementara itu, Kepala BBPOM Palembang Yosef Dwi Irwan menyatakan, temuan formalin dari dua lokasi sidak itu akan diujikan kembali. Jika hasilnya positif lagi akan dimusnahkan.

”Sidak seperti ini rutin kami lakukan, tapi memang karena mendekati hari besar keagamaan di mana biasanya permintaan juga meningkat. Karena itu, pengawasan kami tingkatkan,” terang Yosef Dwi Irwan.

Dia juga meminta masyarakat ikut berperan menciptakan keamanan pangan dengan selalu mengecek makanan yang dibeli. Mulai dari cek label, cek izin edar dari BPOM maupun dinkes, cek kedaluwarsa, dan cek kondisi kemasan makanan.

”Tiga pilar pengawasan makanan (pemerintah-pelaku usaha-konsumen) harus saling mendukung dalam menciptakan keamanan pangan,” ujar Yosef.

Saksikan video menarik berikut ini:


BBPOM dan Pemkot Palembang Temukan Makanan Berformalin di Supermarket