Bupati Sleman Minta Pengungsi Merapi Bertahan di Barak Pengungsian

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bupati Sleman Minta Pengungsi Merapi Bertahan di Barak Pengungsian


JawaPos.com–Bupati Sleman Sri Purnomo meminta warga Dusun Kalitengah Lor yang mengungsi untuk menghindari dampak peningkatan aktivitas Gunung Merapi bertahan di barak pengungsian Glagaharjo, Cangkringan, selama masa tanggap darurat bencana.

”Sampai saat ini, status aktivitas Merapi belum berubah masih pada level III atau siaga. Jadi, sesuai rekomendasi BPPTKG warga yang berada di radius lima kilometer dari puncak Merapi harus berada di barak pengungsian,” kata Sri Purnomo seperti dilansir dari Antara di Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jumat (18/12).

Dia mengatakan, pemerintah daerah sudah memperpanjang pemberlakuan status tanggap darurat bencana erupsi Gunung Merapi hingga 31 Desember. Pemerintah daerah juga membantu pemenuhan kebutuhan pangan dan kesehatan warga kawasan Merapi yang tinggal di barak pengungsian.

”Pemenuhan kebutuhan pengungsi tersebut telah dianggarkan dalam anggaran tidak terduga yang setiap saat bisa digunakan untuk keperluan penanggulangan bencana,” ujar Sri Purnomo.

Menurut dia, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana Rp 10,16 miliar untuk penanganan tanggap darurat bencana erupsi Gunung Merapi pada 2020 dan Rp 6,37 miliar dari alokasi dana tersebut sudah direalisasikan. Pemerintah daerah juga sudah menganggarkan alokasi dana tidak terduga yang bisa digunakan untuk penanganan tanggap darurat bencana dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2021.

”Sehingga jika masa tanggap darurat Merapi ini masih diperpanjang pada 2021, anggaran tak terduga dapat langsung digunakan,” terang Sri Purnomo.

Menurut data Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, jumlah warga kawasan Merapi yang mengungsi di barak pengungsian Glagaharjo sebanyak 225 orang, termasuk di antaranya warga lanjut usia, perempuan, ibu hamil, bayi, dan anak-anak.

Sebagian ternak warga juga diungsikan dari kawasan Gunung Merapi. Ternak yang diungsikan terdiri atas 166 sapi perah dan sapi potong.

Saksikan video menarik berikut ini:


Bupati Sleman Minta Pengungsi Merapi Bertahan di Barak Pengungsian