Tempat Wisata di Indonesia Uji Coba Pakai PeduliLindungi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tempat Wisata di Indonesia Uji Coba Pakai PeduliLindungi


JawaPos.com–Beberapa tempat wisata di Indonesia sedang memasuki masa uji coba pembukaan. Salah satu aspek yang diujicobakan adalah penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk pengunjung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjelaskan, aplikasi PeduliLindungi sudah diinstalasikan di beberapa tempat wisata. Saat ini, aplikasi tersebut sedang coba digunakan sebelu mmenerima pengunjung.

’’Sebagian sudah. Aplikasi PeduliLindungi sudah diinstalasi, diimplementasikan,’’ tutur Sandi ketika menghadiri launching 5G Technology di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Kamis (16/9).

Dengan uji coba itu, Sandi yakin pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata akan makin masif. Sebab, sudah hampir 5 bulan sektor tersebut tutup.

’’Kita makin yakin bahwa dengan aplikasi tempat-tempat wisata yang 20 minggu lalu ini terbuka kesempatan bagi tempat wisata dan sentra dan industri kreatif untuk uji coba,’’ beber Sandi.

Untuk Surabaya, Sandi sedang melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur. Nanti, kepala dinas pariwisata mengajukan surat pembukaan.

’’Mereka yang akan mengajukan kepada kami. Kami akan melakukan evaluasi. Seandainya diajukan, akan kami pertimbangkan,’’ kata Sandi.

Sandi juga sedang mengkaji aturan aplikasi PeduliLindungi yang melarang anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk masuk ke mal dan tempat wisata. Saat ini pihaknya sedang melakukan evaluasi aturan tersebut.

’’Sekarang kita evaluasi PeduliLindungi. Ini akan terus kita perluas, kita sosialisasikan untuk anak-anak di bawah 12 tahun akan ada pengecualian,’’ papar Sandi.

Aturan itu akan didasarkan pada diskresi atau kebijakan pemerintah daerah masing-masing. Juga Satgas Covid-19 setempat. ’’Tapi kita mendorong PeduliLindungi ini menjadi salah satu standar yang diutamakan dalam pembukaan destinasi wisata dan sentra kreatif,’’ ucap Sandi.


Tempat Wisata di Indonesia Uji Coba Pakai PeduliLindungi