Hari Ini PPKM Berakhir, Vaksinasi Dosis II di Surabaya Sudah 90 Persen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hari Ini PPKM Berakhir, Vaksinasi Dosis II di Surabaya Sudah 90 Persen


JawaPos.com- Hari ini (1/11) masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali berakhir. Termasuk di wilayah aglomerasi Surabaya Raya. Apakah pemerintah pusat bakal kembali memperpanjang? Menunggu pengumuman resmi dari Presiden RI Joko Widodo atau Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan perpanjangan PPKM Jawa-Bali untuk kali kesekian, berlaku mulai 19 Oktober hingga 1 November. Sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021, Surabaya sudah berstatus PPKM level 1. Sedangkan Sidoarjo dan Gresik masih level 2.

Keberhasilan Surabaya berada di PPKM level 1 tersebut lantaran capaian vaksinasi paling tinggi di Jatim. Bahkan, berdasar data dari dashboard Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sampai Minggu (31/10), capaian vaksinasi dosis pertama sudah menembus 2,55 juta orang (114,99 persen) dan dosis kedua lebih dari 2 juta orang (91,07 persen).

Kendati sudah jauh melampaui target minimal herd immunity sebanyak 70 persen, namun vaksinasi di Surabaya masih terus digencarkan. Tidak hanya dilakukan instansi pemkot dan TNI-Polri, sejumlah pihak juga ikut gencar melaksanakan suntikan imunisasi tersebut. Partai Golkar, misalnya. Kemarin (31/11), partai berlambang pohon beringin itu kembali menggelar vaksinasi sebanyak 700 dosis.

Bertempat di DPD Golkar Surabaya, Jalan Adityawarman, ratusan kader, pengurus, dan masyarakat umum mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. “Kami memang membuka kesempatan bagi masyarakat umum. Terbuka untuk siapa saja yang belum divaksin,” ujar Pertiwi Ayu Krhisna, ketua panitia.

Bahkan, tidak terbatas pada warga yang ber-KTP Surabaya saja. Warga luar daerah juga bisa. Syaratnya, cukup menunjukkan surat domisili tempat tinggalnya di Surabaya. “Justru mereka (warga luar kota, Red) yang kami prioritaskan. Kami ingin membantu pemerintah mengejar target herd immunity,” papar Ayu.

Ketua DPD Golkar Kota Surabaya Arief Fatoni menambahkan, kegiatan vaksinasi yang dihelat partainya bukan kali pertama. Sebelumnya, juga sudah pernah melakukan hal serupa. Saat itu, pihaknya menggandeng Yayasan Yellow Clinic melaksanakan vaksinasi bagi pekerja di kawasan SIER.

‘’Partai politik harus bisa menjadi jembatan pengabdian kepada masyarakat. Kepentingan kemanusiaan, harus ditempatkan lebih tinggi daripada kepentingan politik,’’ papar ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Surabaya itu.

Lantas, bagaimana progress capaian vaksinasi di Sidoarjo? Data dari dashboard Kemenkes sampai Minggu (31/10), capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Delta 1,22 juta jiwa (75,84 persen) dan dosis kedua 842.841 orang (52,2 persen). Adapun di Gresik, dosis pertama 774.938 orang (76,6 persen) dan dosis kedua 540.084 orang (53,38 persen).

Apakah Sidoarjo dan Gresik bakal menyusul Surabaya turun ke PPKM level 1? Kita tunggu saja. Yang jelas, sesuai Inmendagri 53/2021, untuk bisa turun ke level 1 maka salah satu ketentuannya vaksinasi dosis pertama harus lebih 70 persen dan vaksinasi lansia minimal 60 persen.


Hari Ini PPKM Berakhir, Vaksinasi Dosis II di Surabaya Sudah 90 Persen