Pemkab Terus Kejar Sumber Pendapatan dari KEK Gresik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkab Terus Kejar Sumber Pendapatan dari KEK Gresik


JawaPos.com- Pemkab terus berupaya mengejar sumber-sumber pendapatan dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. Salah satunya, dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tentu, pendapatan itu bakal dimanfaatkan kembali untuk pembangunan daerah.

Pendapatan dari BPHTB tersebut dihitung berdasarkan luasan KEK Gresik. Lokasi di wilayah Kecamatan Manyar itu, juga dikenal Java Integrated Industrial & Ports Estate (JIIPE). Dari data pemkab, luas lahan yang sudah dikuasai pihak operator JIIPE saat ini mencapai 1.328 hektare.

Rencananya, mereka masih akan membebaskan lahan di kawasan itu seluas 833 hektare lagi. Sebab, proyeksi kebutuhan lahan di JIIPE diperkirakan mencapai 2.161 hektare.

Dari luas lahan JIIPE yang saat ini sudah dikuasai, ternyata baru 956,91 hektare yang sudah mengantongi sertifikat. Nah, dari luas lahan yang sudah ada sertifikatnya itu, Pemkab Gresik sudah menerima BPHTB senilai Rp 190 miliar sejak 2014 lalu.

Pendapatan itu sudah masuk ke kas daerah. Tapi, masih ada 372 hektare lahan di JIIPE yang belum memiliki sertifikat. Padahal, untuk mengurus sertifikat di Badan Pertanahan Nasional (BPN), butuh lampir bukti pembayaran BPHTB.

“Itu yang kita kejar dari sisa tanah yang belum dikuasai. Sementara pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2), masih 25 persen (yang masuk),” ucap Ketua Komisi I DPRD Gresik Jumanto.

Tidak hanya itu, kalangan legislatif juga berharap ada penyesuaian Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di sekitar kawasan tersebut. Termasuk KEK Gresik atau JIIPE. Caranya, ada revisi peratuan bupati (Perbup). Dengan demikian, potensi pendapatan ke kas daerah juga bisa semakin besar.

Sementara itu, data dari Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik, pendapatan asli daerah (PAD) dari BPHTB pada semester I (Januari-Juni) 2021, totalnya Rp 124,75 miliar. Kepala BPPKAD Pemkab Gresik Nuri Mardiana menyebut, capaian penerimaan dari BPHTB tersebut sudah on the track.


Pemkab Terus Kejar Sumber Pendapatan dari KEK Gresik