Siap ke Arena MTQ XXIX, Kepala Kemenag Gresik: Mohon Doa dari Semua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Siap ke Arena MTQ XXIX, Kepala Kemenag Gresik: Mohon Doa dari Semua


JawaPos.com- Para kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Tingkat Provinsi Jatim, asal Kabupaten Gresik, Minggu sore (31/10) sudah mulai dikarantina. Yakni, di Hotel Sapta Nawa. Selama masa karantina, mereka kembali mendapat gemblengan dari sejumlah pembina dan suntikan motivasi.

Pada Sabtu malam (30/10), puluhan kafilah asal Gresik tersebut juga telah mengikuti tryout dan doa bersama di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Quran, Bungah. Hadir dalam kesempatan itu antara lain Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Gresik Markus, Kabag Kesra Pemkab Gresik Hamim, dan beberapa tokoh lain.

‘’Mohon doa dan restu dari para kiai, ulama, tokoh masyarakat, dan segenap lapisan masyarakat, agar kafilaf-kafilah Gresik mendapatkan hasil yang terbaik di MTQ XXIX Jawa Timur,’’ kata Markus, kepala Kemenag Gresik Markus.

Rencananya, kafilah-kafilah pilihan itu akan berangkat ke Pamekasan, Madura, sebagai tuan rumah MTQ XXIX pada Selasa (2/11). Mereka bakal dilepas secara resmi oleh Bupati Fandi Akhmad Yani dari halaman kantor Pemkab Gresik. Sebelumnya, kafilah beserta pembina berziarah ke makam Wali Songo di Gresik. Yakni, Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Menghadapi MTQ XXIX Tingkat Jatim di Pamekasan tersebut, Gresik menatap dengan kepala tegak. Mereka berharap bisa kembali membawa pulang juara umum ke Kota Santri. Target tersebut bukan tanpa alasan. Selama ini, Gresik memang sangat diperhitungkan kabupaten/kota lain. Dalam rentang 10 tahun terakhir ini, Gresik juara umum sebanyak tiga kali. Yakni, pada 2013, 2015, dan 2017.

Pada MTQ XXVIII 2019 lalu, Gresik gagal merebut juara umum. Posisi juara umum direbut Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah. Sebagai incumbent, Tuban juga mematok untuk mempertahankan predikat juara umum tersebut. Memang, selain Gresik, selama ini kabupaten/kota lain di Jatim yang diperhitungkan antara lain Tuban, Sidoarjo, Lamongan, Jombang, Pasuran, dan Kediri.

Gelaran MTQ XXIX Jatim di Pamekasan tersebut akan dibuka Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada 3 November nanti. Dan, akan berlangsung hingga 11 November. Total kafilah dari 38 kabupaten/kota di Jatim ada sebanyak 1.700 orang.

Ada 7 cabang MTQ yang akan diperlombakan. Yakni, cabang tilawah Alquran yang terbagi dalam 8 kategori, cabang hifzh Alquran (5 kategori), cabang tafsir Alquran (3 kategori), cabang fahm Alquran, cabang syarh Alquran, cabang khat Alquran (4 kategori), dan cabang karya tulis ilmiah Alquran.


Siap ke Arena MTQ XXIX, Kepala Kemenag Gresik: Mohon Doa dari Semua