Banyak di Rumah Saat Pandemi, Waspada Computer Vision Syndrome

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Banyak di Rumah Saat Pandemi, Waspada Computer Vision Syndrome


JawaPos.com – Sampai saat ini pemerintah masih menganjurkan supaya masyarakat lebih banyak di rumah. Keluar jika benar-benar dalam kondisi mendesak atau urusan pekerjaan. Anjuran ini untuk menerapkan protokol pencegahan penularan wabah Covid-19.

Di tengah semakin banyaknya aktivitas masyarakat di dalam rumah, otomatis meningkatkan intensitas penggunaan perangkat gadget. Baik itu ponsel, laptop, komputer, TV dan sejenisnya. Dokter spesialis mata Siloam Hospitals Manado dr Novita S. Satolom SpM mengatakan, intensitas penggunaan gadget itu beresiko pada kesehatan mata.

’’Salah satunya peningkatan kasus Computer Vision Syndrome,’’ katanya Minggu (30/8). Novita menjelaskan selama beraktivitas di rumah banyak kegiatan yang berhubungan dengan gadget. Mulai dari belajar, sekolah, bekerja, maupun hiburan seperti menonton drama Korea (drakor).

Aktivitas tersebut membuat mata bekerja menatap gadget menjadi sangat lama. ’’Sehingga menimbulkan Computer Vision Syndrome,’’ tuturnya. Kesehatan mata terkait gangguan Computer Vision Syndrome juga dikupas dalam webinar Health Talk Siloam Hospitals Manado beberapa hari lalu.

Lebih lanjut Novita mengatakan, Computer Vision Syndrome adalah kelelahan pada mata. Kondisi ini merupakan akibat dari penggunaan perangkat digital. ’’Alhasil akan membuat mata bekerja lebih keras,’’ terangnya. Kondisi mata Lelah itu bisa diperparah dengan mata yang tidak terkoreksi dengan tepat. Kemudian postur tubuh tidak tepat saat melihat gadget.

Baca juga: Dampak Belajar Daring, Orang Tua Harus Awasi Penggunaan Gadget

Dia lantas menjelaskan gejala yang muncul pada kasus Computer Vision Syndrome. Diantaranya adalah mata terasa panas, mata merah, mata kering, dan mata berair. Kemudian muncul gejala lain seperti penglihatan menjadi ganda, myopia, sampai kepala jadi pusing.

Novita berpesan jangan menggunakan kacamata dengan ukuran lama. Walaupun kacamata itu masih nyaman digunakan. Kemudian tips berikutnya adalah soal pencahayaan. Menurut dia tidak hanya pencahayaan gelap, tetapi pada pencahayaan terang dapat menimbulkan ketegangan pada mata.

Kemudian dia menganjurkan pemilihan monitor yang tepat. Lalu hindari duduk seperti kura-kura. Lantas duduk yang terlalu dekat dengan layar juga menyebabkan ketegangan pada mata. Kondisi ini terjadi karena saat melihat gadget mata menjadi kurang berkedip.

Adanya efek blue light atau sinar biru yang dipancarkan gadget membuat mata lelah sampai menyebabkan kerusakan pada retina. Untuk menghindari Computer Vision Syndrome perlu diterapkan aturan 20-20-20. Yaitu 20 menit beristirahat. Kemudian melihat sesuatu dalam jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter dalam waktu 20 menit.

’’Selain itu posisi duduk juga sangat berpengaruh pada saat melihat gadget,’’ tuturnya. Posisi duduk yang baik menurutnya adalah posisi layar horizontal dengan mata. Serta menurunkan tingkat pencahayaan menjadi lebih nyaman di mata.

 

Saksikan video menarik berikut ini:


Banyak di Rumah Saat Pandemi, Waspada Computer Vision Syndrome