Tiga Bakal Calon PKB Daerah Sowan ke Kiai NU

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tiga Bakal Calon PKB Daerah Sowan ke Kiai NU


JawaPos.com–DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur mengajak tiga bakal calon kepala daerah untuk sowan (silaturahmi) ke kiai NU di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, guna mendapatkan bimbingan sebelum partai memberikan rekomendasi.

”Calon yang diusung PKB selalu disowankan ke kiai NU untuk mendapatkan tausiyah dan baiat. Minggu (30/8) adalah gelombang kedua. Yang gelombang pertama Sabtu (29/8),” kata Ketua DPW PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar seperti dilansir dari Antara di Kediri.

Dalam kegiatan itu, ada tiga bakal calon yang mendapatkan rekomendasi dari DPP PKB. Mereka adalah pasangan Calon Bupati Lamongan Kartika Hidayati dan Calon Wakil Bupati Lamongan Saim, yang akan maju di Pilkada Lamongan. Lalu pasangan Rini Syarifah dan Rahmad Santoso yang akan maju di Pilkada Kabupten Blitar, dan pasangan Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono yang akan maju di Pilkada Ponorogo.

Gus Halim mengatakan, rencana bakal calon kepala daerah dari PKB untuk mendapatkan tausiyah dari para kiai NU itu sebenarnya akan dilakukan di Surabaya. Namun, demi menjaga kenyamanan pada masa pandemi Covid-19, hal itu urung dilakukan. Terlebih, para kiai sudah sepuh sehingga harus dijaga.

”Perintah satgas agar kiai tidak bepergian ke mana-mana. Makanya kami yang sowan. Oleh karena itu acara kami laksanakan di Lirboyo Kediri,” kata Gus Halim.

Menurut dia, para kiai memberikan tausiyah bagaimana cara seseorang memimpin. Mereka harus berpihak pada rakyat, siapapun rakyatnya. Pihaknya juga optimistis PKB akan meraih suara yang signifikan di Pilkada 2020. Seluruh calon yang diusung dari PKB sebelumnya telah dilakukan survei dan suara mereka cukup bagus.

”Semua potensi suara besar. Sekarang, Kabupaten Kediri jelas, Kota Blitar jelas, Kabupaten Blitar, Tuban, Lamongan, hampir semua,” kata Gus Halim.

Dia juga meminta seluruh bakal calon itu juga mengikuti instruksi KPU demi mencegah persebaran Covid-19. Secara pergerakan tim juga terbatas, pemasangan APK juga terbatas. Namun, instruksi juga harus dilakukan demi kebaikan bersama. ”Yang penting apa perintah presiden menjadi rem pakem untuk penanganan Covid-19, desa aman, daerah aman, semua aman, gas pol untuk ekonomi,” kata Gus Halim.

Acara yang digelar di area Pesantren Lirboyo, Kediri, itu cukup ketat. Seluruh tim termasuk bakal calon yang hadir wajib uji cepat virus korona. Jika sehat, mereka diizinkan masuk ke dalam ruangan. Beberapa kiai yang hadir di antaranya Pengasuh PP Lirboyo Kediri yang juga Rais Syuriah PW NU Jawa Timur KH Anwar Mansyur, Pengasuh Ponpes Al-Amin Kediri, KH Anwar Iskandar, dan sejumlah kiai sepuh lain.

Bakal calon Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengaku lega kini semakin banyak partai yang mendukungnya maju di Pilkada 2020. Pada pilkada ini, PKB memutuskan bahwa pasangannya adalah Bambang Tri wahono yang merupakan pejabat di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Ponorogo.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tiga Bakal Calon PKB Daerah Sowan ke Kiai NU