Bergaji Rp 1,717 Triliun per Tahun, Tim Mana yang Bisa Rekrut Messi?

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bergaji Rp 1,717 Triliun per Tahun, Tim Mana yang Bisa Rekrut Messi?


JawaPos.com-Lionel Messi mengatakan akan meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Namun, jelas tidak banyak klub yang bisa membayar klausul pelepasan kontrak dan memenuhi gaji Messi yang menembus langit.

Kepergian Messi dari Barcelona, tim yang dia bela sejak masa junior pada 2001, bisa menjadi transfer terbesar abad ini. Dengan kemampuan level dewanya, Messi disebut-sebut sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

Mendaratkan Messi tentu saja menjadi mimpi banyak pemilik klub, pelatih, dan fans. Namun, sedikit sekali yang mampu menebus Messi. Walau usianya sudah 33 tahun, Messi masih sangat mahal.

Berdasarkan laporan surat kabar Spanyol AS, klausul pelepasan Messi dari Barcelona luar biasa tinggi, mencapai EUR 700 juta atau sekitar Rp 12,01 triliun. Jumlah itu tentu saja tidak akan bisa dipenuhi oleh tim manapun di dunia ini.

Sebagai perbandingan, transfer termahal di dunia masih dipegang oleh Neymar. Dia dibeli oleh PSG dengan harga EUR 222 juta (Rp 3,829 triliun) dari Barcelona pada 2017.

Lionel Messi gagal bersinar saat melawan Bayern Muenchen pada perempat final Liga Champions 2020. Barcelona dibantai 2-8 pada pertandingan tersebut. (Rafael Marchante / POOL / AFP)

Di sisi lain, dalam kontrak yang juga ditandatangani oleh Messi, tertera sebuah kalimat bahwa dia bisa meninggalkan Barcelona secara gratis pada akhir musim ini.

Kontrak Messi sejatinya masih tersisa satu musim sampai Juni 2021. Namun, Messi juga bisa hengkang dari Barcelona dengan cuma-cuma. Saat ini, pengacara Messi dan Barcelona sedang ‘bertarung’ untuk membahas masalah ini.

Walau gratis sekalipun, yang jelas, hanya tim superkaya yang bisa mendatangkan Messi. Berdasarkan laporan surat kabar Prancis Le’Equipe, Messi adalah pemain dengan bayaran termahal di dunia.

Gaji bulanannya mencapai EUR 8,3 juta (sekitar Rp 143,163 miliar). Kalau ditotal, dalam setahun, Messi mendapatkan bayaran senilai EUR 99,6 juta (Rp 1,717 triliun). Ini tentu saja adalah jumlah yang sangat besar untuk standar tim manapun.

Beberapa klub dispekulasikan akan menjadi pelabuhan baru bagi Messi. Media Spanyol Diario Ole melaporkan bahwa ada delapan klub yang potensial mendapatkan Messi. Yakni Juventus, Inter, AC Milan, Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, dan Paris Saint-Germain.

Oleh banyak pihak, Messi disebut sebagai pemain terbesar dalam sejarah. Dia mencatat rekor dengan memenangkan enam Ballon d’Or. Messi mencetak 634 gol dalam 731 pertandingan. Dia membantu Barcelona memenangkan 10 gelar La Liga, empat trofi Liga Champions, dan empat kejuaraan dunia antarklub.


Bergaji Rp 1,717 Triliun per Tahun, Tim Mana yang Bisa Rekrut Messi?