Erick Pastikan Jajaran Direksi Dan Komisaris Pertamina Tidak Diganti

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Erick Pastikan Jajaran Direksi Dan Komisaris Pertamina Tidak Diganti


JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan tidak ada perombakan manajemen PT Pertamina (Persero). Jajaran yang ada tetap dipertahankan meskipun Pertamina telah mencatat kerugian sebesar USD 767,92 juta di semester pertama tahun ini.

Erick menjelaskan, dalam mengambil keputusan merombak jajaran manajemen di perusahaan pelat merah tidak sembarangan. Hal itu sesuai dengan indikator kinerja atau key performance indicator (KPI) dari para direksi dan komisaris. Hingga saat ini, dirinya tak melihat adanya tanda-tanda manajemen Pertamina layak untuk diganti.

“Saya tidak melihat ada perubahan di Direksi Pertamina ataupun Komisaris Pertamina. Banyak hal yang sudah dilakukan. Apakah sempurna? Tidak, karena kondisi dari Covid-19 ini juga baru, semua terdampak,” ujarnya di gedung DPR RI Jakarta, Kamis (27/8).

Erick mengatakan, manajemen Pertamina memiliki komitmen yang baik untuk memperbaiki kinerja keuangannya. Sebab, kerugian yang dialami merupakan hal wajar karena imbas dari pandemi Covid-19 yang menyerang berbagai sektor usaha.

“Saya yakin Direksi dan Komisaris punya komitmen yang baik untuk memperbaiki Pertamina, kita harus kasih waktu,” ucapnya.

Apalagi, kata Erick, dalam mengambil keputusan perombakan direksi atau komisaris suatu BUMN tak sembarangan. Selama KPI tercapai dirinya tidak berhak menggonta-ganti jabatan atas dasar rasa tidak suka secara personal.

“Kalau saya berprinsip mengangkat direksi, kalau bisa jangan ganti-ganti. Kan saya dari awal sudah bilang, selama KPI-nya tercapai, terus dibilang Pak Erick pilih kasih, main pecat-pecat saja, nggak lho. Banyak juga direksi yang hari ini diangkat oleh menteri sebelumnya masih menjabat. Jadi, saya bukan karena suka atau tidak suka, tetapi karena KPI,” ungkapnya.

Erick menilai, KPI dari Direksi dan Komisaris Pertamina selama ini masih cukup bagus dengan beragam upaya yang dilakukan untuk mempertahankan kinerja perusahaan. Seperti misalnya, tak ada kesenjangan harga bensin, masih terus melakukan efisiensi, dan melakukan progres pembangunan kilang

“Macam-macam. TPPI yang ditargetkan konsolidasi dalam waktu singkat, kemarin dilakukan oleh Pertamina,” imbuhnya


Erick Pastikan Jajaran Direksi Dan Komisaris Pertamina Tidak Diganti