Ziarah Makam Bung Karno, KH Mas Mansyur dan santri Doakan Eri Cahyadi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ziarah Makam Bung Karno, KH Mas Mansyur dan santri Doakan Eri Cahyadi


JawaPos.com – Harapan pengasuh Ponpes At-Tauhid, KH Mas Mansyur Tholha, agar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya menjadi penerus Walikota Surabaya Tri Rismaharini tak cukup dengan menyampaikan deklarasi secara terbuka. Kyai yang juga Mustasyar Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surabaya itu mengekspresikan dukungannya kepada orang dekat Risma tersebut dengan mengajak para santrinya berziarah ke makam Bung Karno di Blitar.

KH. Mas Mansyur Tholha mengatakan, perjalanan ziarah itu untuk kebaikan Surabaya maupun Indonesia. Itulah kenapa, keberangkatan ke Blitar dipilih Jumat (28/8) yang diyakini sebagai hari baik. “Ini Jumat baik. Niat kita berziarah ke makam Bung Karno tidak lain hanya ingin mendoakan yang terbaik bagi Bung Karno dan anak cucunya serta doa keselamatan untuk bangsa Indonesia,” katanya.

KH. Mas Mansyur Tholha adalah salah seorang tokoh kyai dari lingkungan pesantren ”Ndresmo”, yang kini dikenal Sidosermo atau Sidoresmo di Surabaya. Kawasan ”Ndresmo” adalah kawasan pesantren yang sangat legendaris di Surabaya. Hingga saat ini, di tengah kemajuan Kota Pahlawan, ada sekitar 20 pesantren di kawasan tersebut. Semuanya didirikan oleh keturunan Mas Sayyid Ali Akbar.

Berbaur bersama ratusan  peziarah, KH Mas Mansyur Tholha bersama para santri bersimpuh di samping makam Bung Karno. Mereka melantunkan doa yang ditujukan kepada bapak bangsa tersebut agar selalu dalam keberkahan dan ampunan Allah serta mendoakan bangsa Indonesia agar bisa keluar dari masalah yang dihadapi.

Mereka juga berdoa bagi Bung Karno dan anak cucunya agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan, berbakti kepada negeri. Khusus untuk Surabaya,  salah seorang kyai khos Surabaya tersebut memohon agar Eri Cahyadi diberkahi kepemimpinan menjadi Wali Kota Surabaya. “Khusus untuk Surabaya, kami mendoakan Mas Eri Cahyadi dan sekaligus memohon izin agar Mas Eri bisa menjadi wali kota,” ujar KH. Mas Mansyur Tholha.

Pesantren “Ndresmo” selama ini memang dikenal dekat dengan Eri Cahyadi. Mantan ketua Dinas Cipta Karya tersebutlah yang mengeluarkan gagasan untuk membangun wisata religi di Nderesmo melalui revitalisasi makam Mas Sayyid Ali Akbar. Beberapa pekerjaan pendahuluan sudah dilakukan seperti pavingisasi kampung-kampung. Juga perbaikan untuk makam.

Kedekatan Eri dengan kalangan jamaah Nahdlatul Ulama (NU) tak hanya dengan para kyai. Tapi juga para bu nyai. Salah satu badan otonom (banom) NU yang secara resmi telah mendeklarasikan diri memberikan dukungan itu adalah Fatayat NU Kota Surabaya. Banom NU yang bergerak di bidang pemberdayaan keluarga dan perempuan ini memberikan dukungan kepada Eri Cahyadi, karena memenuhi kriteria pemimpin yang bisa meneruskan kebaikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Saksikan video menarik berikut ini:


Ziarah Makam Bung Karno, KH Mas Mansyur dan santri Doakan Eri Cahyadi