Ratu Para Bulu Tangkis Indonesia Incar 3 Emas di Paralimpiade 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ratu Para Bulu Tangkis Indonesia Incar 3 Emas di Paralimpiade 2020


JawaPos.com – Ratu para bulu tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila memasang target maksimal di Paralimpiade Tokyo 2020. Tidak tanggung-tanggung, tiga medali emas sudah ia bidik.

Untuk diketahui, Ratri dalam beberapa tahun belakangan kerap menjadi pemain andalan Tanah Air di tiga nomor berbeda, yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Misinya mendulang tiga emas di gelaran olahraga terakbar tersebut boleh dibilang bukanlah target muluk-muluk mengingat Ratri punya reputasi yang sangat baik.

Per Januari 2020 lalu, di kelas tunggal putri kategori standing lower 4 (WS SL4), Ratri tercatat bertengger di peringkat 1 dunia dengan tabungan 3460 poin. Di kelas ganda campuran kategori standing lower 3-standing upper 5 (MX SL3-SU5), Ratri yang berpartner dengan Hary Susanto juga berstatus peringkat 1 dunia.

Hanya di nomor ganda putri Ratri tidak menyandang status pemain nomor wahid dunia. Di kelas ganda putri kategori standing lower 3-standing upper 5 (WD SL3-SU5), Ratri yang berpasangan dengan Kalimatus Sadiyah bertengger di peringkat dua dunia. Mereka berada di bawah pasangan Tiongkok Ma He Fang/Ma Hui Hui.

Jumlah medali emas dari kompetisi bergengsi yang ia ikuti pun juga melimpah. Ratri menyabet tiga medali emas Kejuaraan Dunia pada 2017 dan 2019, tiga medali emas Asian Para Games 2014 dan 2018, dan enam medali emas ASEAN Para Games 2015 dan 2017.

Leani Ratri Oktila (Chandra Satwika/Jawa Pos)

Berangkat dari serentet prestasi yang ia raih tersebut, Ratri mengaku sudah siap mengharumkan nama Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020 yang akan bergulir para 24 Agustus-5 September 2021 tahun depan.

“Aku akan main di tiga nomor berbeda (tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran). Aku menantang diriku sendiri dengan target membawa pulang tiga medali emas,” ujar Ratri, dikutip dari laman resmi BWF.

Tak cuma sekadar mengoleksi medali dan mengukuhkan namanya sebagai pebulu tangkis difabel terbaik Indonesia, Ratri juga punya misi lain. Ia mau olahraga para bulu tangkis bisa semakin digeluti oleh para penyandang disabilitas.

“Diselenggarakannya para bulu tangkis di Paralimpiade nanti tentu akan membuat anak-anak muda Indonesia penyandang disabilitas tertarik dan menggeluti olahraga ini dengan serius,” ujar Ratri.


Ratu Para Bulu Tangkis Indonesia Incar 3 Emas di Paralimpiade 2020