Bayi Baru Lahir di Probolinggo Terkonfirmasi Positif Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bayi Baru Lahir di Probolinggo Terkonfirmasi Positif Covid-19


JawaPos.com–Seorang bayi laki-laki yang baru lahir dari Desa Liprak Kulon, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19 berdasar rilis Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo pada Kamis (27/8) malam.

”Hari ini ada tambahan sembilan orang yang terkonfirmasi positif dan satu di antaranya bayi yang baru lahir dari Desa Liprak Kulon, Kecamatan Banyuanyar,” kata Juru Bicara Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Shodiq Tjahjono seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia sebanyak sembilan orang terkonfirmasi positif Covid-19 itu masuk ke dalam klaster pelangi karena penularannya terjadi secara horisontal dan tidak jelas sumbernya dari mana. Mereka dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 berdasar hasil pemeriksaan tes usap positif dari PCR (polymerase chain reaction) Klinik Jember. Sebanyak tujuh orang menjalani perawatan dan isolasi di Rumah Sehat Kabupaten Probolinggo, sedangkan dua orang meninggal dunia.

”Dari jumlah tersebut, enam orang merupakan suspect yang dirawat di rumah sakit dan satu orang kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya yang menjalani isolasi di Rumah Sehat Kabupaten Probolinggo,” terang Shodiq Tjahjono.

Dia menjelaskan, satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang masuk ke dalam OTG (orang tanpa gejala) kondisinya sehat wal afiat dan sedang menjalani isolasi di Rumah Sehat Kabupaten Probolinggo. Mereka diawasi ketat petugas medis Kabupaten Probolinggo. Sedangkan enam orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang awalnya suspect, saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit untuk diobati keluhan-keluhan klinisnya sambil dilakukan pemeriksaan tes usap evaluasi dari yang bersangkutan.

Shodiq mengatakan, untuk pelacakan sudah dilakukan semua terlebih mereka merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya dan suspect. ”Sejak dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19, pelacakan masih akan diperdalam lagi untuk mengetahui kontak-kontak erat yang sudah dilakukan baik di lingkungan keluarga maupun tempat kerja,” ujar Shodiq Tjahjono.

Hingga Kamis (27/8) malam, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Probolinggo tercatat sebanyak 417 orang. Sebanyak 79 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 321 orang dinyatakan sembuh, dan 17 orang meninggal dunia.

Saksikan video menarik berikut ini:


Bayi Baru Lahir di Probolinggo Terkonfirmasi Positif Covid-19