RS Darmo Maksimalkan Protokol Kesehatan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

RS Darmo Maksimalkan Protokol Kesehatan


JawaPos.com – Menyambut new normal, protokol kesehatan menjadi hal yang paling penting untuk diterapkan di berbagai bidang. Karena itu, pemerintah telah menetapkan sejumlah protokol kesehatan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) sesuai dengan prinsip pencegahan dan pengendalian infeksi.

“Pada era new normal, RS Darmo juga berupaya mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 demi mengurangi risiko terjadinya perjalanan virus SARS-CoV-2 kepada pasien, pengunjung, petugas medis, serta nonmedis,” tutur Kepala Instalasi Rawat Jalan RS Darmo dr Devina Nataliany.

Dia menyebutkan, RS Darmo telah melakukan beberapa langkah pengamanan. Mulai penapisan atau screening suhu badan dengan thermal gun hingga memberikan pertanyaan singkat terkait kondisi kesehatan kepada pengunjung, pasien, dan petugas rumah sakit setiap akan memasuki wilayah rumah sakit. Selain itu, disediakan cairan antiseptik atau hand sanitizer di sebagian besar titik rumah sakit.

“Di RS Darmo terdapat juga penanda khusus untuk mengatur jarak minimal 1 meter di ruang tunggu pasien. Terdapat penghalang fisik (barrier) agar pengunjung selalu berjaga jarak antara petugas dan pengunjung. Penempatan meja, kursi, dan sirkulasi udara melalui jendela dan/atau exhaust fan di kamar praktik pun diatur sedemikian rupa serta disinfeksi rutin untuk mengurangi risiko terjadinya pajanan,” ujar dr Devina.

Pada saat melakukan pemeriksaan fisik, kata dr Devina, para dokter di RS Darmo menggunakan sarung tangan sekali pakai. Alat medis yang digunakan setiap selesai dari satu pasien ke pasien lain juga rutin dilakukan desinfeksi dengan cairan pembersih seperti alkohol. Tujuannya, meminimalkan risiko penularan antarpasien. Kapasitas pendamping berobat maupun pengunjung ke pasien rawat inap non Covid-19 di RS Darmo juga dibatasi hanya 1 orang.

Untuk mempermudah pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang secara fisik, RS Darmo telah menyediakan layanan telekonsultasi selama masa pandemi. Ada pula layanan untuk appointment tatap muka, baik melalui telepon atau WhatsApp, sehingga sesi konsultasi tatap muka dapat dijadwalkan terlebih dahulu untuk menghindari kerumunan orang di ruang tunggu.

RS Darmo juga menyediakan layanan antar obat untuk daerah Surabaya dan sekitarnya. Diharapkan, langkah itu dapat mempermudah pasien, mengurangi kerumunan, serta menurunkan risiko terpapar Covid-19.

nin/xav


RS Darmo Maksimalkan Protokol Kesehatan