BTN Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif di Tengah Pandemi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BTN Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif di Tengah Pandemi


JawaPos.com – Properti menjadi salah satu sektor yang mulai tumbuh setelah beberapa bulan terakhir mengalami pertumbuhan negatif mengikuti perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia awal 2020. PT Bank Tabungan Negara Tbk yang fokus pada pembiayaan properti mencatat selama dua bulan terakhir tren pertumbuhan kredit terus membaik seiring dengan optimisme pasar terhadap upaya-upaya menanganan virus.

“Di tengah kontraksi ekonomi yang diperkirakan mencapai 3 persen tahun ini, BTN mentargetkan pertumbuhan kredit sekitar 2 persen untuk 2020,” ujar Dirut BTN Pahala N Mansury dalam peringatan 44 tahun BTN di Jakarta, Kamis (10/12).

Dia mengungkapkan, di tengah upaya-upaya dunia usaha meningkatkan kinerjanya, BTN pada Oktober 2020 telah mampu mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 0,25 persen dan naik lagi menjadi sekitar 1 persen pada November 2020. “Trennya terus positif dan kita targetkan pertumbuhan kredit tahun ini sekitar 2 persen,” katanya.

Pahala mengaku bersyukur karena fokus BTN yang membidik pembiayaan properti segmen menengah bawah menjadikan bank BUMN ini masih mampu mencatatkan kinerja positif di tengah tekanan perekonomian akibat pandemi.

Dia mencatat sejak berdiri 44 tahun lalu, BTN terus fokus pada pembiayaan perumahan menengah bawah dengan alokasi kredit 89 persen untuk KPR subsidi dan sisanya sebesar 11 persen KPR non subsidi. Hingga kini BTN mencatat telah telah mengucurkan pembiayaan KPR senilai Rp 317 triliun yang dinikmati lebih dari 5 juta masyarakat di seluruh Indonesia. Pembiayaan ini mewakili 40 persen total pembiayaan KPR di Indonesia.

Besarnya pangsa pasar dan penyaluran KPR Subsidi tak lepas dari inovasi dan promosi yang terus dilakukan Bank BTN untuk mendukung skema subsidi yang diputuskan Pemerintah, mulai dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Uang Muka, Subsidi Selisih Bunga (SSB) dan juga KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

Selain dengan program KPR khusus, Bank BTN juga makin inovatif di era disrupsi teknologi. Dengan pengembangan fitur-fitur di Mobile Bankingnya, Bank dengan kode saham BBTN ini juga terus meningkatkan performa portal aplikasi KPR Online www.btnproperti.co.id dan lelang rumah online di www.rumahmurahbtn.co.id.

“Produk KPR yang kami berikan menyesuaikan dengan segmen masyarakat yang beragam, dan kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Penyediaan Perumahan, Kementerian BUMN yang mendukung Bank BTN sehingga dapat menawarkan produk KPR yang disukai masyarakat,” kata Pahala.

Menyambut ulang tahun ke 44, BTN menggelar promosi suku bunga kredit untuk KPR mulai 4,44% fixed selama 1 tahun, serta bebas biaya-biaya.

“Kami berharap Bank BTN tetap menjadi penyalur KPR terbaik dan dapat menjadi mitra terpercaya pemerintah untuk Program Sejuta rumah sesuai dengan misi kami menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia pada tahun 2025,” tutup Pahala.


BTN Catatkan Pertumbuhan Kredit Positif di Tengah Pandemi