Joko Anwar Raih Penghargaan Sutradara Terbaik FFI 2020

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Joko Anwar Raih Penghargaan Sutradara Terbaik FFI 2020


JawaPos.com – Keseriusan Joko Anwar dalam mempersiapkan naskah film Perempuan Tanah Jahanam dan mengeksekusinya dengan baik membuahkan penghargaan. Joko diganjar penghargaan sebagai Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) yang malam puncaknya digelar di JCC Senayan Jakarta tadi malam Sabtu (5/12).

Di kategori ini, Joko Anwar berhasil menyisihkan pesaing lainnya seperti Riri Riza (Humba Dreams), Faozan Rizal (Abracadabra), Yosep Anggi Noen (Hiruk Pikuk si Alkisah) dan Sim F (Susi Susanti: Love All).

Kemenangan Joko Anwar sebagai sutradara terbaik FFI tahun ini sebenarnya sudah diprediksi sejumlah pihak karena film Perempuan Tanah Jahanam memang memiliki kualitas bagus. Pujian terhadap Joko dan filmnya bukan hanya datang dari sineas dan kritikus film dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Kemenangan Joko Anwar semakin lengkap karena Perempuan Tanah Jahanam berhasil menggondol 6 penghargaan sekaligus dalam FFI setelah sempat masuk 17 nominasi. Film ini pun menggondol piala penghargaan terbanyak mendapat piala citra di tahun ini.

Joko Anwar mengatakan dirinya bangga bisa mendapatkan penghargaan sebagai sutradara terbaik. Sebab, film tayang tahun lalu itu mendapat penghargaan yang sangat terhormat dalam gelaran FFI.

“Pastinya senang, bangga ya. Perempuan Tanah Jahanam kita kerjakan dengan sungguh-sungguh penuh dedikasi, ” kata Joko Anwar di hadapan awak media usai turun dari atas panggung.

Sutradara yang disebut-sebut berhasil menaikkan kasta film horor itu lantas memuji para pemain yang telah membintangi Perempuan Tanah Jahanam. Joko Anwar meyakini, selain naskah film harus bagus dan menarik, sebuah film menjadi kurang berarti tanpa ada aktor dan aktris yang memiliki kualitas akting bagus.

“Tidak akan berhasil sebuah film jika tidak ditopang oleh aktor dan aktris yang luar biasa. Mereka yang believable di depan kamera, tanpa mereka film tidak akan berhasil. Dan semua komponen dari mulai sound, kostum dan lain-lain membangun karakter ini,” ungkap Joko Anwar.

Joko Anwar berharap kemenangan Perempuan Tanah Jahanam di FFI 2020 dapat menjadi penyemangat bagi industri dan para sineas untuk terus membuat karya yang lebih bagus lagi. Joko juga berharap pandemi bisa segera berakhir setelah dunia perfilman sempat terpukul mundur selama sekitar 8 bulan belakangan.

“Kita semua berharap film Indonesia bisa kembali lagi dan kita siap tancap gas,” kata Joko Anwar.

Sementara itu, Asmara Abigail selaku salah satu pemain Perempuan Tanah Jahanam mengatakan bahwa dirinya senang atas pencapaian filmnya dalam FFI tahun ini.

“Selamat untuk Perempuan Tanah Jahanam semoga kita siap juga untuk festifal berikutnya ya internasional. Doakan saja semoga pandemi ini tidak menurunkan semangat kita untuk terus berkarya,” ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Joko Anwar Raih Penghargaan Sutradara Terbaik FFI 2020