Pemkot Banjarmasin Abadikan Arsip Penanganan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkot Banjarmasin Abadikan Arsip Penanganan Covid-19


JawaPos.com–Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengabadikan arsip penanganan Covid-19. Selain untuk sejarah juga mendukung akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

”Semua akan dikelola Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin,” kata Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah seperti dilansir dari Antara.

Menurut Hermansyah, satuan kerja perangkat daerah (SKPD) harus mendukung kegiatan yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustarda) Kota Banjarmasin untuk pengumpulan arsip penanganan Covid-19. ”Jadi kumpulkan data-datanya, kemudian serahkan semua berkas untuk dikelola Dispustarda. Mungkin di kemudian hari akan diperlukan,” papar Hermansyah.

Hermansyah mengatakan, arsip mengenai penanganan virus Covid-19 itu merupakan salah satu bukti dan sejarah Pemkot Banjarmasin melakukan perlawanan terhadap virus tersebut. ”Supaya anak cucu kita mengetahuinya. Nanti bila suatu saat terjadi lagi, kita sudah mengetahui penanganannya, dengan cara melihat berkas yang telah diarsipkan,” ucap Hermansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin Ahmad Husaini mengatakan, terkait bekas-berkas penanganan virus Covid-19 dan berkas lainnya, dapat diserahkan dalam bentuk soft copy dan hard copy.

”Jadi nanti saat diserahkan dalam bentuk daftar berapa banyak yang diserahkan,” ujar Ahmad Husaini.

Berkas yang diserahkan untuk menjadi arsip itu akan dilaporkan ke wali kota dan wakil wali kota, serta akan disampaikan ke Kemenpan RB, untuk diketahui Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal itu dilakukan mengingat saat ini sudah beberapa daerah di Indonesia, seperti Solo dan Palangkaraya telah dipertanyakan BPK tentang ketertiban administrasi kearsipan.

Terkait kapan batas waktu pengumpulan berkas untuk dijadikan arsip, Ahmad Husaini menjelaskan, paling lambat akhir tahun ini.

Pemerintah Kota Banjarmasin dalam penanganan Covid-19 menganggarkan sekitar Rp 100 miliar.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pemkot Banjarmasin Abadikan Arsip Penanganan Covid-19