Akademisi Bicara Soal Kebhinekaan di Tengah Perbedaan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Akademisi Bicara Soal Kebhinekaan di Tengah Perbedaan


JawaPos.com – Akademisi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Ai Fatimah Nur Fuad memandang masyarakat Indonesia dikenal dengan identitas kebhinekaannya. Apalagi, perbedaan yang ada di Indonesia bisa memperkuat NKRI.

“Perbedaan masyarakat kita baik nasional maupun global, harus tetap bisa mempertahankan dan memupuk pemahaman kebinekaan kita,” tutur Ai Fatimah dalam diskusi yang digelar BKNP PDIP secara virtual pada Sabtu (8/5).

Semboyan Bhineka Tunggal Ika di Indonesia, kata doa, itu akan terus berlaku. Untuk masyarakat Islam sendiri, menghormati keberagaman sangat penting terutama dalam semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Bahkan disebutkan dalam kitab suci Alquran.

“Dalam Alquran juga disebutkan, bahwa perbedaan bangsa, budaya dan seterusnya, itu sebetulnya merupakan jalan untuk bagaimana kita bisa mengenali satu sama lain, lalu kemudian menghormati, saling menghargai,” kata Ai Fatimah.

Karenanya, ini bisa sejalan dengan tetap mempertahankan semangat kebinekaan Indonesia. “Harus tetap bisa mempertahankan dan memupuk pemahaman kebhinekaan kita sesuai dengan tuntunan dan anjuran Alquran di tengah globalisasi seperti sekarang ini,” pungkasnya.


Akademisi Bicara Soal Kebhinekaan di Tengah Perbedaan