Antisipasi Ledakan Covid-19, Cak Imin: Jangan Abai Protokol Kesehatan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Antisipasi Ledakan Covid-19, Cak Imin: Jangan Abai Protokol Kesehatan


JawaPos.com – Walaupun pemerintah melarang mudik Lebaran, namun belum ada jaminan bahwa tidak akan terjadi ledakan kasus baru Covid-19. Sebab, sejak beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri maupun saat hari H Lebaran, kerumunan orang masih terjadi dimana-mana.

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan pada saat menjelang Lebaran, mal, pasar, kuburan dan tempat-tempat strategis lainnya masih tidak terkendali.

Larangan mudik juga masih banyak yang diterobos. Ironisnya, perkumpulan massa di lokasi-lokasi strategis banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes), seperti penggunaan masker, hand sanitizer maupun jaga jarak. Di tempat-tempat umum, masyarakat cenderung mulai kurang mematuhi protokol kesehatan.

“Kalau melihat kepadatan di jalanan ketika hari H Lebaran pasca Salat Id, seperti di kawasan penyangga sekitar Ibu Kota, itu menunjukkan kalau pergerakan orang mulai leluasa. Kita berharap jangan sampai ada ledakan kasus pasca Lebaran ini. Kalau bisa tetap di rumah saja,” ujar Cak Imin kepada wartawan, Selasa (18/5).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan memang tidak mudah mengendalikan pergerakan masyarakat. Meskipun sudah dibuat berbagai peraturan pembatasan dan lainnya, fakta di lapangan masyarakat masih cenderung bebas bergerak dan melakukan pertemuan tatap muka secara masif. Karena itu, dia mengingatkan bahwa harus ada kesadaran pribadi untuk tetap disiplin menjaga diri dan keluarga terhadap potensi tertular virus.

“Saat ini seolah-olah masyarakat ini sudah kurang peduli dan merasa tidak ada apa-apa lagi padahal kalau kita lihat data harian kasus Covid-19 ini masih cukup tinggi. Memang kondisi seperti ini membosankan, tapi bagaimanapun menjaga kesehatan diri dan keluarga itu harus jadi prioritas,” tutur Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR ini.

Cak Imin menambahkan, saat ini angka penularan kasus Covid-19 di tanah air masih terus tinggi. Sehingga dia meminta masyarakat untuk melakukan protikol kesehatan 5M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi.

“Kalau lihat angka pergerakan kasus hari tersebut, ini masih cukup mengkhawatirkan jadi jangan pernah lengah sedikitpun. Tetap patuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.


Antisipasi Ledakan Covid-19, Cak Imin: Jangan Abai Protokol Kesehatan