Cegah Penularan Covid-19, Warga di Rumah Saja Libur Lebaran

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Cegah Penularan Covid-19, Warga di Rumah Saja Libur Lebaran


JawaPos.com–Libur Hari Raya Idul Fitri 2021 harus disikapi bijak oleh masyarakat. Meskipun keinginan sangat tinggi untuk mudik, berkumpul dengan keluarga, tapi sebaiknya tetap di rumah saja.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini masih masa pandemi Covid-19. Dengan cara mengurangi mobilitas warga, diharapkan persentase pertambahan kasus positif Covid-19 bisa ditekan.

”Atas nama Pemprov DKI Jakarta dan Pak Gubernur, kami mohon maaf kepada warga Jakarta. Dalam masa pandemi tetap berada di rumah bersama keluarga. Menikmati berbagai hiburan di rumah, melalui media televisi dan sebagainya,” kata Ahmad Riza Patria.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan juga meminta masyarakat mengurangi mobilitas terutama saat libur lebaran tiba. Sejarah membuktikan jika banyak kasus diidentifikasi dari penularan saat bepergian ke luar daerah.

Bahkan data dari Facebook Data for Good, pada 8 Desember 2020 atau 1 hari sebelum pilkada ada pergerakan penduduk dari dalam Jadebotabek ke luar. Kondisi itu berimplikasi pada pergerakan mereka kembali ke Jabodetabek. Hal itu juga dapat berlaku jika pada periode libur akhir tahun ini, masyarakat tetap melakukan liburan dan berpotensi terjadi penularan.

”Mobilitas penduduk ini akan kami pantau dan dikendalikan agar tak terjadi penularan, baik orang dari luar ke Jakarta maupun sebaliknya. sehingga perlu bagi kita khususnya para keluarga di Jakarta untuk menahan diri tidak melakukan aktivitas liburan ke luar rumah, terlebih keluar Jakarta,” kata Anies.

Pemerintah juga mengimbau warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin menggunakan air mengalir. Kegiatan itu wajib dilakukan seluruh warga, termasuk yang sudah disuntik vaksin Covid-19.


Cegah Penularan Covid-19, Warga di Rumah Saja Libur Lebaran