Imparsial: Konflik Palestina-Israel Persoalan Kemanusiaan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Imparsial: Konflik Palestina-Israel Persoalan Kemanusiaan


JawaPos.com – Direktur Imparsial Gufron Mabruri menyampaikan, konflik antara Palestina dan Israel merupakan persoalan kemanusiaan. Persoalan kemanusiaan yang terjadi di Palestina merupakan isu seluruh umat manusia dan bukan isu golongan agama tertentu.

“Karena itu, dukungan dan solidaritas terhadap Palestina, baik yang dibangun di tingkat nasional maupun global merupakan gerakan yang berdimensi kemanusiaan,” kata Gufron dalam keterangannya, Rabu (20/5).

Gufron menyampaikan, dalam upaya penyelesaian masalah Palestina, perlu peran aktif pemerintah Indonesia dalam komunitas internasional. Hal ini diharapkan bisa meredam konflik di timur tengah. Selain itu, sejalan dengan pembukaan UUD NKRI Tahun 1945.

“Yang menyatakan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan,” tegas Gufron.

Secara umum, pihaknya mengecam segala tindakan kekerasan yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa, terutama warga sipil. Dia berharap, semua pihak yang bertanggjung jawab dalam kekerasan itu perlu di minta pertanggujawabannya.

“Sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan, segala bentuk tindak kekerasan perlu dihindari
dalam menyikapi situasi dan kondisi di timur tengah,” ucap Gufron.

Baca juga: Lagi, 4 Warga Palestina Tewas Dibunuh Tentara Israel di Tepi Barat

Dengan demikian, sambung Gufron, diharapkan masyarakat di Indonesia khususnya tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan melawan hukum
dan melakukan kekerasan di dalam negeri, yang sejatinya hal itu bertentangan dengan esensi solidaritas kemanusiaan itu sendiri.

“Tetapi harus menekankan pentingnya aspek perdamaian dan menolak segala bentuk kekerasan,” pungkas Gufron.


Imparsial: Konflik Palestina-Israel Persoalan Kemanusiaan