Pemeriksaan Antigen Masal Jaring 10 Wisatawan Positif Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemeriksaan Antigen Masal Jaring 10 Wisatawan Positif Covid-19


JawaPos.com–Pemeriksaan cepat (rapid test) antigen secara masal kepada seribuan wisatawan dan warga di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan daerah lain, terminal, dan objek wisata, ditemukan ada 10 wisatawan yang dinyatakan positif Covid-19.

”Dari 1.364 wisatawan dan warga yang menjalani pemeriksaan rapid test, baik di posko perbatasan maupun tempat wisata di Kabupaten Sukabumi, ditemukan ada 10 wisatawan yang positif Covid-19,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi Andi Rahman seperti dilansir dari Antara di Sukabumi.

Adapun 10 wisatawan yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan cepat antigen yakni satu orang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade; satu orang jalani rapid test antigen di wilayah kerja Puskesmas Palabuhanratu. Kemudian dua orang yang melaksanakan rapid test antigen di Pantai Batu Bintang PLTU Palabuhanratu, empat orang di objek wisata Puncak Heas, Desa Bojongsari dan Alun-Alun Jampangkulon, satu orang di Terminal Benda dan satu orang yang menjalani rapid test antigen di objek wisata Pondok Halimun, Sukabumi.

Menurut Andi Rahman, tes cepat antigen itu dilakukan di berbagai lokasi. Mulai pos penyekatan, titik perbatasan, dan objek wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 khususnya di objek wisata.

”Sembilan orang yang positif Covid-19 ditemukan berada di objek wisata. Mereka yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes cepat antigen langsung diberikan diberikan imbauan agar melakukan isolasi dan ditindaklanjuti petugas satgas percepatan penanganan Covid-19 tingkat kecamatan,” terang Andi Rahman.

Untuk mencegah kerumunan di objek wisata, petugas gabungan dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dinkes, dinas pariwisata, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan seluruh perangkat daerah terkait, bahkan seluruh camat, melakukan penyisiran untuk melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Komunikasi Publik Diskoimposan Kabupaten Sukabumi Herdi Somantri mengatakan, beberapa petugas disiapkan untuk melakukan tes cepat antigen di lokasi wisata yang dilakukan secara acak (random) kepada wisatawan.

”Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, karena kesehatan lebih penting dan sangat berharga,” ucap Herdi.


Pemeriksaan Antigen Masal Jaring 10 Wisatawan Positif Covid-19