Pemudik Lolos Penyekatan, Tak Ada Jaminan Bisa Sampai Kampung Halaman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemudik Lolos Penyekatan, Tak Ada Jaminan Bisa Sampai Kampung Halaman


JawaPos.com – Gelombang arus mudik kembali tidak terbendung di Kedungwaringin, Bekasi, Jawa Barat. Karena telah membuat kemacetan hingga 5 Km, polisi akhirnya memutuskan untuk meloloskan pemudik tanpa melakukan pemeriksaan syarat perjalanan.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan, meskipun dilepas oleh petugas, tidak ada jaminan pemudik tersebut bisa sampai kampung halaman. Sebab, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres sekitar untuk kembali melakukan penyekatan kepada kendaraan yang lolos.

“Kita koordinasi dengan Karawang, Purwakarta Subang, Cirebon, daerah penyekatan lain untuk melakukan penyekatan kembali, tidak berarti kita lepas di sini, di sana tidak disekat ya,” kata Hendra saat dihubungi, Senin (10/5).

Dia menjelaskan, setiap kota/kabupaten memiliki pos penyekatannya masing-masing. Ketika ada pemudik yang lolos melewati pos penyekatan tertentu, pemudik tersebut masih harus berhadapan dengan pos penyekatan lainnya.

Situasi di Kedungwaringin sendiri sudah mulai kondusif. Setelah antrean kendaraan mulai terkendali, pemeriksaan di pos penyekatan kembali diberlakukan.

“Kita lepas sementara namun kita tutup lagi, koordinasi Bekasi, Karawang, Subang, Cirebon nanti kita selalu koordinasi,” jelas Hendra.

Diketahui, Operasi Ketupat Jaya 2021 dimulai pada 6 Mei 2021 pukul 00.00 WIB, dan berakhir pada 17 Mei 2021. Petugas akan melakukan penyekatan kepada warga yang hendak mudik. Pemudik yang terjaring operasi langsung diminta putar balik, kembali ke lokasi asal.

“Seluruh titik yang sudah kita persiapkan baik 17 titik check point maupun 14 titik penyekatan akan beroperasional mulai nanti malam pukul 24.00 WIB,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (5/5).

Sambodo menuturkan, di wilayah hukum Polda Metro Jaya, sebanyak 1.313 personel dikerahkan melalukan penyekatan. Semua kendaraan yang melintas akan diperiksa satu per satu. Bagi yang terindikasi akan mudik, langsung diputar balikan.

Perjalanan hanya boleh dilakukan oleh kendaraan angkutan barang atau logistik, kemdaraan dinas, warga yang hendak mengunjungi orang meninggal dunia atau sakit, dan ibu hamil yang akan bersalin.


Pemudik Lolos Penyekatan, Tak Ada Jaminan Bisa Sampai Kampung Halaman