Polisi Gresik Temukan Pemudik Positif Rapid Antigen

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polisi Gresik Temukan Pemudik Positif Rapid Antigen


JawaPos.com–Aparat Kepolisian Resor Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menemukan seorang pemudik positif dari delapan pemudik yang dites rapid antigen. Mereka diperiksa saat melewati penyekatan di wilayah setempat dan diminta untuk putar balik.

Kasatlantas Polres Gresik AKP Yanto Mulyanto seperti dilansir dari Antara di Gresik mengatakan, total kendaraan yang dipaksa putar balik hasil penyekatan di Pos Pam Desa Pandanan, Duduksampeyan, sebanyak 101 kendaraan. ”Data pemeriksaan Polres Gresik hingga Minggu (16/4) sore, pemeriksaan dilakukan kepada roda dua sebanyak 98 unit dan mobil penumpang 235 unit. Hal ini terkait larangan mudik Lebaran,” kata Yanto pada Senin (17/5).

Sedangkan yang diminta untuk putar balik roda dua sebanyak 25 unit dan mobil penumpang 76 unit, karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. ”Kami juga melakukan rapid test di sela-sela penyekatan. Dari 8 kali rapid test yang dilakukan kepada pemudik terdapat 1 dinyatakan positif,” terang Yanto.

Dia menjelaskan, kegiatan penyekatan terus dilaksanakan hingga berakhir pada Senin (17/5), untuk mencegah pemudik dari luar Gresik yang masuk. Juga sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19. ”Kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah pembagian masker kepada masyarakat,” tutur Yanto.

Dia juga mengingatkan bahwa yang terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan. Sehingga, penyebaran Covid-19 bisa cepat berakhir dan situasi normal kembali.

Sementara itu, PT Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division mencatat 21.951 unit kendaraan meninggalkan Kota Surabaya, Jawa Timur, menuju arah barat dan selatan melalui Gerbang Tol (GT) Warugunung dan GT Kejapanan pada H+1 Idul Fitri 1442 H.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Corry Annelia Poundti mengatakan, angka itu turun 53 persen dari lalu lintas (lalin) normal sebesar 46.936 kendaraan. Secara rinci, kata dia, untuk lalu lintas yang menuju arah barat sebanyak 34 persen, sedangkan 66 persen menuju arah selatan.

Masing-masing menuju arah barat melalui GT Warugunung sebanyak 7.366 kendaraan, turun sebesar 57 persen dari lalin normal. Untuk arah selatan melalui GT Kejapanan ada 14.585 kendaraan, turun 51 persen dari lalin normal.

”Sepanjang periode peniadaan mudik Idul Fitri dari 6 sampai 17 Mei, kami terus mengimbau kepada pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) untuk dapat melengkapi dokumen persyaratan antara lain surat izin keluar masuk (SIKM) dan hasil negatif tes RT-PCR maks 3×24 jam atau hasil negatif tes rapid antigen maks 2×24 jam atau hasil negatif GeNose C19 sebelum keberangkatan,” papar Corry Annelia Poundti.


Polisi Gresik Temukan Pemudik Positif Rapid Antigen