Lantai Kaca Sekaligus Skylight dalam Sentuhan Nordik di Makaquarters

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lantai Kaca Sekaligus Skylight dalam Sentuhan Nordik di Makaquarters


Nuansa industrial dan warna monokrom menjadi pilihan Dina Kusuma P. untuk huniannya yang berlokasi di kawasan Veteran, Jakarta Selatan. Dia menambahkan permainan skylight dan glass floor.

DOMINASI warna abu-abu dan hitam, dinding semen ekspos, serta kusen metal menjadikan vibe Makaquarters –begitu Dina memberi nama pada huniannya– terasa maskulin. Layout rumah di lantai 1 memuat ruang makan, pantri, ruang keluarga, dan powder food. Kamar-kamar terdapat di lantai 2. Master bedroom merupakan salah satu ruangan yang kental elemen industrial. Dina mengaplikasikan semen ekspos pada plafon.

Begitu pula rooftop yang baru dibangun 3–4 bulan lalu. Dinding ruangan menggunakan semen ekspos. ”Supaya kesannya warm, plafonnya pakai kayu ulin,” terang istri Podtje Kaha tersebut. Area rooftop memiliki luas 7 x 6,5 meter. Adapun ruangannya seluas 4 x 4,5 meter. Ruangan itu multifungsi. Bisa untuk duduk-duduk santai, buat work from home juga nyaman. Atau, ruang main buat anak. Terasnya untuk olahraga atau berjemur. ”Rooftop sekarang jadi spot favorit,” tutur dia.

Tangga pun didesain menggunakan rangka besi dan pijakan kayu. ”Jadi, kesannya floating,” lanjut Dina. Sebagai pemisah antara ruang keluarga dan area makan, istri Podtje Kaha tersebut menambahkan divider dengan material perforated steel setinggi 1 meter.

(Dina Kusuma P for Jawa Pos)

Dari ruang tamu ke area makan dan dapur tersebut juga diberi permainan level. ”Ada beda ketinggian sekitar 60 sentimeter, biar nggak flat,” tutur ibu dua anak tersebut. Dengan begitu, dapur bersih dan island table menjadi center of attention di lantai 1. Di sisi area makan terdapat jendela kaca tinggi yang view-nya langsung mengarah ke taman.

Agar konsep industrial di Makaquarters tidak terkesan kaku, Dina menambahkan sentuhan Nordik. Misalnya, lewat ambalan dan lampu-lampunya.

(Dina Kusuma P for Jawa Pos)

Juga, skylight dan glass floor. Lantai kaca di rooftop persis di atas master bedroom. ”Saat malam, cahaya lampu dari kamar bisa buat nerangin area rooftop, dan jadi skylight untuk area kamar. Di siang hari kamar dapat cahaya dari rooftop,” beber Dina. Dengan dua fitur tersebut, rumah dapat pencahayaan matahari langsung dari atas tembus ke lantai bawah.

Untuk kacanya, Dina mengaplikasikan double tempered laminated glass. Ketebalannya sudah disesuaikan agar aman ketika diinjak. ”Tipnya, konsultasikan dengan kontraktor karena spesifikasi bangunan tiap rumah berbeda,” saran Dina.


HIGHLIGHTS

(Dina Kusuma P for Jawa Pos)
  • Agar warna konsisten monokrom, produk toiletries dipindahkan ke botol refill yang sudah disiapkan sesuai tema.
  • Untuk memberi kesan artistik, Dina menambahkan lukisan karya sendiri di kamar mandi.
  • Mural di kamar anak laki-laki juga kreasi sendiri yang terinspirasi dari Gunung Fuji, Jepang.
  • Terdapat 70 titik lampu di Makaquarters yang menggunakan warm white lighting.
  • Agar rumah terlihat makin luas, gunakan lantai berukuran besar, bisa pilih keramik 80 x 80 sentimeter.
(Dina Kusuma P for Jawa Pos)

MAKAQUARTERS

  • Luas tanah: 150 meter persegi
  • Luas bangunan: 250 meter persegi
  • Lokasi: Jakarta Selatan

Lantai Kaca Sekaligus Skylight dalam Sentuhan Nordik di Makaquarters