40 Ribu UMKM di Surabaya Digadang-gadang Jadi Motor Ekonomi Warga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

40 Ribu UMKM di Surabaya Digadang-gadang Jadi Motor Ekonomi Warga


JawaPos.com–Jumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Surabaya mencapai angka puluhan ribu. Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya mencatat selama 2021, ada 40.679 UMKM.

”Per Sabtu (18/9) terdapat 40.679 UMKM di Surabaya. Jumlah itu meningkat dibanding pada 2020,” tutur Kepala Dinkop UMKM Widodo.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno mendorong dinas koperasi dan perdagangan melakukan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, sebagai motor ekonomi rakyat. UMKM diharapkan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi.

”Melalui pemberdayaan usaha mikro dapat membantu masyarakat yang mengalami PHK serta hilangnya penghasilan karena usahanya terdampak pandemi Covid 19,” tutur Anas Karno.

PolitikusPDI Perjuangan itu mengakatan, kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), itu akan mendorong tumbuhnya kembali usaha mikro, kecil, dan menengah. Pemerintah bisa memberikan hibah bagi usaha pemula.

”Di antaranya melalui kredit usaha rakyat serta memberikan keringanan pembayaran pinjaman bagi UMKM. Kendati demikian, lanjut dia, diperlukan peningkatan kerja sama antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, institusi perbankan, fintech, marketplace, dan seluruh pelaku usaha agar dapat bersaing di pasar pada masa pandemi ini,” ujar Anas.

Dengan menggandeng berbagai pihak untuk memberikan solusi, menurut Anas, hal itu mendukung UMKM agar naik kelas dengan cara membantu menerapkan digitalisasi terhadap setiap langkah operasional bisnis sehari-hari. Mulai dari pemasaran, pemesanan, pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

”Bergabungnya para pelaku UMKM dalam platform digital diharapkan dapat menjalankan usaha dari rumah, terhubung ke ekosistem digital, serta melakukan adaptasi dan inovasi, sehingga produk dapat dikenal. UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi bagi usaha mikro, kecil dan menengah,” ucap Anas Karno.


40 Ribu UMKM di Surabaya Digadang-gadang Jadi Motor Ekonomi Warga