AS di Balik Pameran Foto Etnis Uighur, Tiongkok: Trik Politik Murahan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

AS di Balik Pameran Foto Etnis Uighur, Tiongkok: Trik Politik Murahan


JawaPos.com – Sebuah pameran foto etnis Uighur yang didukung AS terkait orang yang hilang atau warga yang ditahan di kamp-kamp di Xinjiang, Tiongkok, dibuka di Swiss pada Kamis (16/9) lalu. Event itu membuat Tiongkok marah dan menuduh AS melakukan trik politik yang murahan.

Pameran berjudul Wall of the Disappeared itu menampilkan foto-foto puluhan warga etnis Uighur yang hilang atau diduga ditahan di kamp-kamp yang ada di Xinjiang, Tiongkok. Pameran itu mulai digelar di luar kantor Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss.

Kelompok hak asasi memperkirakan satu juta orang Uighur dan etnis minoritas lainnya telah diasingkan di kamp-kamp yang digambarkan Tiongkok sebagai pusat pelatihan kejuruan untuk memerangi ekstremisme agama. Awal pekan ini, misi AS di Jenewa menampilkannya pada acara diplomatik.

“Kami berkomitmen untuk menempatkan hak asasi manusia. Dan kami akan terus menyoroti pelanggaran berat hak asasi manusia yang kami lihat dilakukan RRT di seluruh Tiongkok, di Xinjiang, Tibet, Hongkong, dan di tempat lain,” kata kata juru bicara AS.

Kelompok-kelompok HAM memperkirakan 1 juta warga Uighur dan etnis minoritas lainnya ditahan di kamp-kamp yang ada di Xinjiang, yang disebut otoritas Tiongkok sebagai pusat pelatihan kejuruan untuk memerangi ekstremisme agama. Kongres Uighur Sedunia mengatakan kepada Reuters bahwa pemerintah AS memberikan hibah finansial untuk pameran tersebut, yang selanjutnya akan digelar di Brussels (Belgia) dan Berlin (Jerman).

“AS, disarankan untuk bertindak sebagai kekuatan yang layak dan menginvestasikan sumber dayanya dalam meningkatkan kesejahteraan dan hak asasi manusia rakyat Amerika, daripada melanggar hak asasi manusia di negara lain dan memainkan trik politik yang rendah,” tegas Tiongkok.


AS di Balik Pameran Foto Etnis Uighur, Tiongkok: Trik Politik Murahan