Beda Perlakuan di Singapura, Sinovac Belum Diakui Jadi Vaksin Nasional

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Beda Perlakuan di Singapura, Sinovac Belum Diakui Jadi Vaksin Nasional


JawaPos.com – Pemberian vaksin Sinovac di Singapura diperlakukan berbeda. Meski sudah mulai diberikan kepada warga di sana, vaksin asal Tiongkok itu belum diakui sebagai program vaksinasi nasional.

Untuk mendapatkan vaksin Sinovac, warga harus membayar dan mendapatkannya di klinik swasta. Alasannya, data kemanjuran masih diragukan.

Otoritas Ilmu Kesehatan (HSA) Singapura telah membuat permintaan tambahan untuk informasi lebih lanjut terhadap produsen vaksin Sinovac. HSA masih menyelesaikan peninjauannya terhadap vaksin tersebut.

Direktur layanan medis Kementerian Kesehatan (MOH) Kenneth Mak mengatakan HSA sebelumnya telah membuat beberapa permintaan informasi tambahan agar segera disampaikan oleh produsen. Salah satunya terkait data kemanjuran atau efikasi.

“Tapi kemudian, saya mengerti bahwa ada beberapa permintaan tambahan untuk informasi lebih lanjut, dan proses kolaborasi antara pabrikan dan HSA terus berlanjut,” kata Kenneth seperti dilansir dari Channel News Asia, Minggu (19/9).

Setelah ditinjau, HSA akan memberikan rekomendasi apakah vaksin Sinovac Covid-19 dapat diberikan persetujuan Pandemic Special Access Route (PSAR). Keputusan itu sudah lebih dari dua bulan sejak pihak berwenang mendapatkan informasi tambahan yang awalnya diminta.

HSA mengatakan kepada CNA pada bulan Maret bahwa mereka telah mulai meninjau data tentang vaksin Sinovac. Namun HSA masih membutuhkan lebih banyak informasi untuk menilai apakah vaksin tersebut dapat memenuhi standar yang diperlukan untuk kualitas, keamanan dan kemanjurannya.

Sejauh ini hanya vaksin Barat yakni Pfizer-BioNTech dan Moderna sebagai vaksin yang disetujui di Singapura berdasarkan PSAR. Vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna keduanya adalah vaksin mRNA, sedangkan vaksin Sinovac menggunakan virus yang tidak aktif. Kedua vaksin mRNA digunakan dalam program vaksinasi nasional Singapura.

Pada bulan Juni, vaksin Covid-19 Sinovac disetujui untuk digunakan di Singapura di bawah Rute Akses Khusus (SAR) yang berbeda, setelah disetujui untuk penggunaan darurat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). SAR mengizinkan institusi kesehatan swasta untuk membawa vaksin Covid-19 yang tidak terdaftar.

Sementara Sinovac mengatakan pada hari Rabu lalu bahwa mereka akan memasok 101 ribu dosis vaksin lagi ke Singapura. Menteri Kesehatan Ong Ye Kung mengatakan pada hari Jumat bahwa stok Sinovac baru diharapkan tiba di Singapura sekitar hari Senin besok sebelum didistribusikan ke klinik.

“Kami tetap berharap setelah HSA menyelesaikan prosesnya, kami mungkin melihat HSA mengambil keputusan tegas dan memberi kami rekomendasi apakah persetujuan PSAR dapat diberikan atau tidak untuk vaksin Sinovac,” kata Kenneth Mak.


Beda Perlakuan di Singapura, Sinovac Belum Diakui Jadi Vaksin Nasional