Dukung Layanan di Gresik Utara, RSI Mabarrot NU Buka Poli Rehab Medik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dukung Layanan di Gresik Utara, RSI Mabarrot NU Buka Poli Rehab Medik


JawaPos.com – Rumah Sakit Islam (RSI) Mabarrot NU Bungah, Gresik, belakangan terus berupaya meningkatkan pelayanan. Terbaru, RS di wilayah Gresik utara itu telah memiliki poli rehab medik. Sejauh ini, belum banyak rumah sakit yang ada fasilitas tersebut.

Menurut Mas’adah, salah seorang dokter di RSI Mabarrot NU Bungah, layanan rehabilitasi medik itu penting untuk mencapai perbaikan fungsi tubuh. Apalagi, kasus pasien yang membutuhkan pelayanan rehab medik tersebut belakangan tergolong tinggi.

‘’Banyak sekali jenis penyakit yang butuh layanan rehab medik ini. Tapi, mayoritas masyarakat masih menganggap sepele,’’ kata dokter bergelar SpKFR, MKed.Klin, itu.

Dia mencontohkan pasien stroke. Begitu menyelesaikan perawatan di rumah sakit, pasien cenderung abai. Yang bersangkutan tidak mengimbanginya dengan proses pemulihan melalui rehab medik. “Padahal pasien bisa berobat rehab medik ini sedini mungkin untuk menurunkan risiko kemungkinan terburuk,” ucap Mas’adah.

Sejauh ini, pelayanan rehab medik tersebut baru tersedia di beberapa RS saja. Apalagi di Gresik utara, hanya ada dua RS yang memiliki poli tersebut. Dia berharap, kehadiran poli baru di RSI Mabarrot NU Bungah itu bisa mempermudah dan meningkatkan layanan kesehatan masyarakat. “Ini kan continue, jadi pasien di Gresik utara bisa semakin dekat,” ucapnya.

Ada banyak manfaat layanan rehab medik guna mengatasi gangguan fungsi tubuh sesuai diagnosis medisnya. Baik untuk bayi hingga usia lanjut. Mulai kasus stroke, bell’s palsy, nyeri punggung bawah dengan kemungkinan berbagai penyebab, osteoarthritis, frozen shoulder, atau akibat trauma seperti post fracture, hingga trauma kepala.

Sementara itu, Direktur RSI Mabarrot NU Bungah dr Izzuddin Syahbana menyatakan, penambahan layanan berupa poli rehab medik tersebut merupakan bentuk komitmen. Ke depan, pihaknya akan berupaya terus mengoptimalkan pelayanan kepada warga Bungah dan sekitarnya. “Karena RSI mempunyai peran dalam mendukung layanan kesehatan di Gresik. Khususnya warga nahdliyin di Bungah dan sekitarnya,” katanya.

 


Dukung Layanan di Gresik Utara, RSI Mabarrot NU Buka Poli Rehab Medik