Hoax Video Buaya Memangsa Manusia di Sungai Musi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hoax Video Buaya Memangsa Manusia di Sungai Musi


VIDEO pendek yang memperlihatkan seekor buaya mencengkeram tubuh manusia mendadak viral di media sosial. Bukan hanya di Facebook, video itu juga menyebar di YouTube dengan keterangan bahwa peristiwa tersebut terjadi Palembang. Tepatnya di bawah Jembatan Musi II, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (4/9).

”Viral,,,! Orang Dimangsa Buaya Semoga ditempatkan pada syurga-Nya dan diampunkan segala dosa, keluarga yg ditinggalkan selalu dalam ketabahan,,, Aamiiin,,,, Di Kawasan Jembatan Musi Dua Palembang, Kecamatan Gandus Seberang Ilir, Kecamatan Kertapati Seberang Ulu, Provinsi Sumatera Selatan,” tulis akun HarryDay Chanel UpTv pada 4 September 2021.

Ada dua cuplikan tayangan dalam video berdurasi 1 menit 44 detik tersebut. Yang pertama memperlihatkan seekor buaya menggigit tubuh manusia yang tampak sudah tak bernyawa. Video kedua menunjukkan puluhan warga berada di tepi sungai. Mereka disebut sedang menyaksikan buaya yang memangsa manusia (bit.ly/DimangsaBuayaMusi).

Anehnya, penelusuran jejak digital sama sekali tidak menemukan berita tentang buaya menerkam manusia pada 4 September 2021. Foto dari peristiwa itu justru pernah diunggah pada 5 Agustus 2021 oleh situs berbahasa Portugis, primeirahora.com.br.

Memang tidak disebutkan lokasi maupun kronologi buaya memangsa manusia itu. Situs Primeira Hora hanya menyebutkan bahwa sebuah video viral di media sosial memperlihatkan kejadian yang mengejutkan. Seekor buaya seperti memamerkan mangsanya yang merupakan seorang perempuan. Sementara, lokasinya belum diidentifikasi. Anda dapat melihatnya di bit.ly/SitusBrasilAgustus.

Meski demikian, unggahan portal Primeira Hora itu secara tidak langsung memastikan bahwa video tersebut beredar sejak awal Agustus. Tidak seperti unggahan akun HarryDay Chanel UpTv yang menyebut video itu direkam pada 4 September 2021.

Sementara itu, Kepala Basarnas Palembang Herry Marantika menegaskan bahwa video buaya menerkam manusia tersebut merupakan rekaman lama yang kembali beredar. ”Kami tidak begitu mengetahui kejadian itu. Yang jelas, itu bukan di Sungai Musi,” terangnya.

Herry menjelaskan, posting-an tersebut terdiri atas dua sesi video yang digabung. Satu di antaranya menunjukkan kerumunan orang di tepi Sungai Musi saat evakuasi seorang anak yang tenggelam beberapa waktu lalu.

”Yang video wanita dimakan buaya di bawah Jembatan Musi II itu hoax,” tandasnya. Anda dapat membaca ulasan Sumeks.co tersebut di bit.ly/HoaxSungaiMusi.

FAKTA

Video buaya memangsa manusia itu pernah diunggah portal asal Brasil pada 5 Agustus 2021. Lokasi kejadiannya tidak disebutkan. Video kerumunan warga di tepi sungai direkam saat evakuasi bocah tenggelam di Jembatan Musi II pada 20 Agustus 2021.


Hoax Video Buaya Memangsa Manusia di Sungai Musi