Sungai Cidurian Meluap, Jembatan dan Belasan Rumah di Bogor Rusak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Sungai Cidurian Meluap, Jembatan dan Belasan Rumah di Bogor Rusak


JawaPos.com–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan, banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cidurian pada Senin (6/9) petang mengakibatkan robohnya jembatan dan merusak belasan rumah warga.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Adam Hamdani seperti dilansir dari Antara di Bogor menyebutkan, banjir bandang tersebut mengakibatkan kerusakan infrastruktur di empat kecamatan, yakni Cigudeg, Nanggung, Jasinga, dan Sukajaya. ”Ada juga 50 orang santri dan guru di Ponpes Darussalam terisolasi karena jembatan utama yang membentang di atas Sungai Cidurian terbawa arus. Saat ini tim reaksi cepat (TRC) sudah berupaya masuk ke sana,” kata Adam pada Selasa (7/9) dini hari.

Dia mengatakan, di Kecamatan Nanggung, jalan sepanjang delapan meter mengalami longsor, tepatnya di Desa Malasari. Kemudian, di Kampung Cigowong, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, jembatan bambu ikut terbawa banjir bandang. Selanjutnya, jembatan penghubung Desa Urug, Kecamatan Sukajaya dengan Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung terbawa arus banjir bandang.

”Demikian juga dengan jembatan menuju Pondok Pesantren Darussalam, Desa Kalong Sawah, Kecamatan Jasinga; serta jembatan Citalahab, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung; ikut terbawa arus. Ini masih laporan ringkas kaji cepat. Pasti data dinamis dan masih bisa berubah,” terang Adam.

Menurut dia, data sementara menyatakan, penghuni 10 rumah di bantaran Sungai Cidurian di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, terpaksa diungsikan. Banjir bandang di Sungai Cidurian tersebut karena curah hujan tinggi sejak sore hingga menjelang malam (6/9) di wilayah barat Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Camat Cigudeg Pardi menyebutkan, luapan air Sungai Cidurian berangsur surut pada malam hari. Tapi dia tetap meminta warga di bantaran sungai mengungsi ke tempat yang relatif lebih aman.

”Alhamdulillah sudah mulai surut. Warga di bantaran Sungai Cidurian, sementara diungsikan ke tempat yang lebih aman karena khawatir terjadi banjir susulan,” papar Pardi.


Sungai Cidurian Meluap, Jembatan dan Belasan Rumah di Bogor Rusak