Vaksinasi Aglomerasi Targetkan Surabaya Raya Masuk PPKM Level 1

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Vaksinasi Aglomerasi Targetkan Surabaya Raya Masuk PPKM Level 1


JawaPos.com–Percepatan vaksinasi aglomerasi menargetkan Surabaya Raya meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik, masuk pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

”Harapannya segera kita (Surabaya Raya) masuk ke level 1 (PPKM level 1). Makanya, sekarang ini bicara wilayah aglomerasi, bukan bicara Surabaya atau Sidoarjo saja,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara.

Wali Kota Eri mengatakan, Surabaya Raya merupakan wilayah aglomerasi. Kota-kota dalam aglomerasi itu seperti badan yang menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan. Ketika salah satu sakit, akan terasa sakit di seluruh badan. Sebab, memang tidak bisa dipisahkan antara Surabaya Raya ini, sehingga harus saling support antara satu daerah dengan daerah lain.

”Untuk mencapai pergerakan ekonomi yang dahsyat, kami bersama-sama melakukan percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi ini. Sebab, vaksin itu adalah salah satu syarat untuk menentukan level 1, 2, dan 3,” tutur Eri.

Mobil vaksinasi yang merupakan gagasan dari Kapolrestabes Surabaya digunakan untuk mempercepat vaksinasi di Sidoarjo. Termasuk pula 300 nakes Surabaya, mereka akan melakukan vaksinasi di dusun-dusun di Sidoarjo.

”Saya katakan ini bukan soal bantu membantu, bukan. Tapi kita seperti badan, seperti saudara, bagaimana kita bisa menyelesaikan ini secara bersama-sama. Bagaimana di wilayah aglomerasi ini bergerak bersama untuk kepentingan umat,” ujar Eri.

Dia kembali menegaskan, Surabaya hadir di Sidoarjo sebagai saudara, sebagai wilayah aglomerasi di Surabaya Raya. Dia yakin tenaga kesehatan Surabaya dan tenaga kesehatan dari Kabupaten Sidoarjo adalah satu paket.

”Sama Gresik juga demikian. Jadi, kita akan saling dukung, karena kita bisa berjalan bersama-sama dan tidak boleh berhenti hanya karena Covid-19,” papar Eri.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengatakan, antara Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo adalah satu paket di Surabaya Raya. ”Lari ke mana, mau ngapain, kumpul dimana, mengerjakan apa, ini sudah menjadi satu paket, karena sebenarnya Sidoarjo dan Surabaya ini satu daerah yang tidak bisa dipisahkan,” kata Muhdlor.

Oleh karena itu, dia menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Eri beserta semua tenaga kesehatan dan semua jajarannya yang sudah mau bahu membahu untuk menyukseskan dan mempercepat vaksinasi di Sidoarjo.

”Yang perlu dicatat di sini bukan hanya bantuannya, tetapi memaknai bahwa masalah ini adalah masalah bangsa dan harus kita selesaikan secara bersama-sama, itu poin pentingnya,” ucap Ahmad Muhdlor Ali.

Selain itu, Gus Muhdlor menjelaskan, dalam Inmendagri ada aturan baru tentang percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi. Karena itu, sampai saat ini di Surabaya Raya masih masuk level 3 berdasar Inmendagri. Padahal, berdasarkan asesmen Kemenkes, di Surabaya Raya itu sudah masuk level 1.

”Oleh karena itu, target kita bersama bagaimana kolaborasi secara aglomerasi ini, kita bisa masuk level 1 berdasar Inmendagri. Saya juga yakin ketika nakesnya Surabaya saja sesemangat ini maka aura nakes di Sidoarjo juga akan berubah, pasti akan lebih semangat,” tutur Ahmad Muhdlor Ali.


Vaksinasi Aglomerasi Targetkan Surabaya Raya Masuk PPKM Level 1