Wakil Ketua MPR Ingatkan Masyarakat Tak Euforia akan Pelonggaran PPKM

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wakil Ketua MPR Ingatkan Masyarakat Tak Euforia akan Pelonggaran PPKM


JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta masyarakat tidak larut dalam euforia pelonggaran PPKM. Pemerintah diminta tanggap meredam euforia masyarakat, agar kasus Covid-19 tidak kembali meningkat.

“Saat terjadi pelonggaran kebijakan mulai banyak terjadi pengabaian aturan PPKM yang berlaku. Kondisi ini rawan memicu peningkatan penyebaran virus korona di masyarakat,” ujar Lestari dalam keterangannya, Jumat (10/9).

Banyaknya pelanggaran terhadap sejumlah aturan yang diberlakukan dalam pengendalian Covid-19, menurut Lestari, merupakan pertanda belum terbentuknya pemahaman yang utuh dari masyarakat, terkait tata cara berkegiatan dalam keseharian pada masa pandemi ini. Selama belum ditemukan obat yang mampu mengatasi paparan Covid-19, Rerie, sapaan akrab Lestari, menilai langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencegahnya.

Berbagai aturan yang diberlakukan dalam kebijakan PPKM berlevel di berbagai daerah itu, jelasnya, dalam rangka mencegah masyarakat terpapar virus korona. Konsekuensinya, kata dia, masyarakat tidak bisa berkegiatan seperti sebelum pandemi Covid-19.

Majelis Tinggi Partai Nasdem itu menegaskan, oleh karenanya diperlukan pemberlakuan norma baru di tengah masyarakat dalam melakukan kegiatan keseharian, untuk memutus rantai penyebaran virus korona di tanah air. Bentuk-bentuk norma baru itu, jelas Rerie, antara lain, mulai dibangun lewat pengaturan cara berkumpul dari pembatasan jumlah orang yang berkumpul, waktu berkumpul hingga persyaratan wajib memakai masker dan sudah divaksin Covid-19.

Kemudian, lebih disiplin terhadap pelaksanaan aturan PPKM, yang didalamnya terdapat sejumlah aturan yang wajib dilaksanakan dalam rangka membangun norma baru dalam keseharian. “Sehingga upaya mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjalankan berbagai aturan itu merupakan langkah penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja,” katanya.

Masyarakat, jelasnya, membutuhkan contoh bagaimana norma baru itu dilakukan di berbagai aspek dalam keseharian. Tentu saja, dalam menanamkan kesadaran tersebut upaya pengawasan yang konsisten dan transparan sangat dibutuhkan.

Tidak lupa Ririe berpesan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.


Wakil Ketua MPR Ingatkan Masyarakat Tak Euforia akan Pelonggaran PPKM