Empat RIbu UMKM di Jabar Gabung Komunitas Binaan Airalangga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Empat RIbu UMKM di Jabar Gabung Komunitas Binaan Airalangga


JawaPos.com – Menko perekonomian Airlangga Hartarto terus melakukan pembinaan sejumlah Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM). Salah satunya di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat yang kini jumlahnya sudah 310 pengusaha dan tergabung dalam kelompok UMKM Usaha.

Koordinator UMKM Usaha Kota Tasikmalaya, Andi Kurnia Rahman mengatakan, 310 pelaku UMKM yang tersebar di sepuluh kecamatan. Sejumlah program pun terus dilakukan diantaranya program pelatihan Wirausaha Maju, yang berupa pelatihan pemasaran digital, pengelolaan keuangan, hingga kiat-kiat pengembangan usaha.

“Selain itu, ada juga program terpilih untuk melakukan digital marketing. Kita juga ingin menguasain ilmu penjualan online, dan kita saling bantu promosi lewat jaringan sosial media dan influencernya. Supaya usahanya lebih dikenal, bahkan bisa meningkatkan omset,” kata Andi saat ditemui di Tasikmalaya, Senin (21/11).

Sementara itu, Wardita selaku Koordinator UMKM Usaha Provinsi Jawa Barat mengatakan, bahwa saat ini UMKM Usaha binaan Airlangga Hartarto di Provinsi Jawa Barat berjumlah 4.111 pelaku UMKM.

UMKM tersebut tersebar di sembilan Kabupaten/Kota di Jawa Barat, yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Tasikmalaya, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Sukabumi dan Kota Cimahi

Menurut Wardita, kedepannya kelompok UMKM Usaha di Jawa Barat akan diperluas cakupan wilayahnya ke tiga kabupaten/kota yaitu Indramayu, Kota Banjar, dan Purwakarta. “Saat ini anggota paling banyak itu ada di Kabupaten Bogor, sebanyak 1.400 UMKM,” kata Wardita saat dihubungi terpisah, Minggu (20/11).

Untuk ke depan, Wardita berharap program-program UMKM Usaha bisa berlanjut hingga jangka panjang. Sebab, kegiatan ini berhasil meningkatkan antusias para pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya.

“Saya harap pembinaan UMKM terus lanjut. Sebagai koordinator provinsi juga saya mengamati antusiasme anggota agar ke depan program ini bisa lanjut dan rencana menambah wilayah di Jabar bisa terwujud,” pungkas Wardita.


Empat RIbu UMKM di Jabar Gabung Komunitas Binaan Airalangga