Kirim 70 Kafilah, Sidoarjo Pasang Juara Umum di MTQ XXIX Jatim

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kirim 70 Kafilah, Sidoarjo Pasang Juara Umum di MTQ XXIX Jatim


JawaPos.com- Kabupaten Sidoarjo turut bersaing di ajang MTQ XXIX Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Pamekasan, 3-11 November. Kemarin (2/11) Bupati Ahmad Muhdlor Ali melepas langsung keberangkatan 70 kafilah di Pendapa Delta Wibawa.

Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 52 peserta yang akan mengikuti 44 cabang di MTQ XXIX tersebut. Sisanya merupakan ofisial, pendamping, pembina, dan driver.

Muhdlor berharap, Kabupaten Sidoarjo bisa menjadi juara umum. ’’Waktunya bagi Sidoarjo mendominasi di MTQ kali ini,’’ katanya.

Harapan itu sejalan dengan kemampuan para peserta pencinta Alquran yang dikirim. Beberapa peserta sudah pernah menjuarai sejumlah kompetisi. Antara lain, Abdad Fatiha Fawwas yang pernah juara II Seleksi Tilawatil Quran Nasional (STQN) 2021 di Maluku Utara.

Ada pula Aqila Ninda Putri yang merupakan juara I Hafiz Indonesia 2021 di salah satu program televisi swasta. Muhdlor yakin komposisi tersebut bisa membuat Sidoarjo menjadi juara umum.

’’Sejarah mencatat Kabupaten Sidoarjo pernah menjadi pusat peradaban Islam. Masa tersebut terjadi pada 1700-an,’’ cerita Muhdlor.

Keberadaan Pondok Pesantren Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, menjadi buktinya. Banyak kiai Jawa Timur yang berasal dari salah satu pondok pesantren tertua di Jatim tersebut. Antara lain, Kiai Kholil, Kiai As’ad, Kiai Abdul Karim, dan bahkan Kiai Hasyim Asy’ari.

Meskipun punya target tinggi, menurut dia, kompetisi itu harus bisa menggerakkan gairah umat Islam dalam membangun yang didasari nilai luhur yang bersumber dari Alquran.

Dia juga merencanakan, pada 2022 akan dibuat perda pendidikan baca tulis Alquran. Perda tersebut dijadikan sebagai acuan syarat masuk SMP negeri yang mewajibkan bisa baca-tulis Alquran. Rencana itu masuk program pembentukan peraturan daerah (propemperda) yang baru. ’’Kami dorong itu biar berkah,’’ katanya.

Menurut Muhdlor, jika pembangunan manusia di suatu daerah selalu diiringi dengan Alquran, daerah tersebut akan penuh keberkahan.


Kirim 70 Kafilah, Sidoarjo Pasang Juara Umum di MTQ XXIX Jatim