PIM Mal Pertama Pakai Teknologi Pendinging Gedung Ramah Lingkungan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

PIM Mal Pertama Pakai Teknologi Pendinging Gedung Ramah Lingkungan


JawaPos.com – Honeywell mengumumkan refrigeran Solstice zd telah diaplikasikan di gedung baru salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta, Pondok Indah Mall (PIM).

Penggunaan teknologi ini menjadikan PIM sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia yang mengadopsi refrigeran, atau zat pendingin, Solstice zd dengan global-warming-potential (GWP) atau Potensi Pemanasan Global yang sangat rendah.

Berbasis teknologi hydrofluoroolefin (HFO) dari Honeywell, Solstice zd merupakan refrigeran dengan nilai GWP 1 (GWP CO2=1) yang tidak mudah terbakar serta tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Dengan Solstice zd, PIM berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi konsumsi energi sistem pendinginnya dengan menurunkan jejak karbon tanpa mengorbankan keselamatan, keandalan, dan kinerja mesin.

“Kami memilih Solstice zd sebagai refrigeran pendinging di gedung baru pusat perbelanjaan PIM karena reputasinya yang telah teruji. Banyak diterapkan di beragam industri di penjuru dunia, terbukti sangat efisien saat digunakan dan ber-GWP rendah. Teknologi ini mendukung komitmen kami untuk mewujudkan green building,” ujar Ario Ananta Putro, perwakilan dari Departemen Teknik Mesin PIM.

Honeywell menggandeng PT. Berca Carrier Indonesia, menjadi kontraktor utama untuk memasok dan memasang mesin chiller atau unit pendingin di gedung PIM, dengan menggunakan refrigeran Solstice zd pada pendingin sentrifugal Berca Carrier.

“Kami senang bekerja sama dengan Honeywell dan Berca Carrier untuk memaksimalkan penghematan energi. Kerja sama ini juga membantu kami mengurangi jejak karbon secara signifikan demi memenuhi tujuan energi dan lingkungan yang lebih baik,” tambah Ario.

Solstice zd merupakan pendingin sentrifugal berkapasitas besar dengan efisiensi serupa R-123. Solstice zd dilengkapi teknologi ramah lingkungan yang baik digunakan untuk mendinginkan bangunan besar atau proyek infrastruktur, sistem pembangkit dengan Siklus Rankine Organik, serta pompa panas bersuhu tinggi.

Setelah melalui pengujian ekstensif dan kolaborasi dengan perusahaan terkemuka, saat ini refrigeran Solstice zd telah diadopsi secara luas di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Penggunaan Solstice zd di banyak gedung dan pusat perbelanjaan juga sejalan dengan tuntutan regulasi, seperti Amandemen Kigali yang diadopsi secara internasional untuk Protokol Montreal demi mengurangi penggunaan Hydrofluorocarbons (HFCs) ber-GWP tinggi.

Diklasifikasikan sebagai “A1 (tidak mudah terbakar)” menurut standar American Society of Heating, Refrigerating and Air Conditioning Engineers (ASHRAE), Solstice® zd juga dapat digunakan pada instalasi peralatan baru sebagai pengganti refrigeran GWP tinggi seperti R-134a (GWP 1.300).

Menurut Tom Liu, Vice President dan General Manager, Honeywell Advanced Materials, Asia Pasifik, Solsticezd terbukti dapat membantu perusahaan untuk meraih nilai yang lebih ramah bagi lingkungan serta sekaligus meningkatkan efisiensi.

“Kami senang melihat pembangunan besar seperti PIM telah menggunakan Solstice zd di Indonesia untuk mengurangi dampak lingkungan,” pungkas Tom Liu.


PIM Mal Pertama Pakai Teknologi Pendinging Gedung Ramah Lingkungan