Polri Pastikan Data Anggota dan Servernya Aman

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polri Pastikan Data Anggota dan Servernya Aman


JawaPos.com–Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memastikan keamanan data anggota hingga server dan aplikasi kepolisian terjaga dalam kondisi aman. Seorang peretas asal Brazil mengaku telah membobol data anggota korps bhayangkara tersebut.

”Intinya untuk server data, aplikasi-aplikasi Polri, serta sistem keamanan semuanya hingga saat ini aman,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo seperti dilansir dari Antara di Jakarta, Senin (22/11).

Sebelumnya, Dedi mengatakan, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri telah melakukan pendalaman terkait pembobolan data Polri tersebut. Dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait keabsahan data yang diduga milik anggota Polri yang disebarkan peretas di media sosial. Namun dia memastikan, saat ini, data institusi Polri tersebut dalam keadaan aman.

”Aman untuk datanya,” ucap Dedi.

Dalam kasus itu, peretas asal Brazil yang menamai dirinya son1x dalam akun Twitter mengaku telah berhasil membobol data pribadi anggota Polri beserta orang-orang terdekat dan keluarganya.

Akun Twitter @son1x666 menuliskan unggahan Polri-Indonesian National Police Hacked 28k logins and personal information leaked. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun mencantumkan tiga tautan yang diduga berisi salinan data pribadi anggota Polri yang telah diretas.

Jika tautan itu diklik, pengguna akan dialihkan ke tampilan website yang diduga dikelola peretas. Yakni menyajikan data seperti nama, pangkat, tempat dan tanggal lahir, satuan kerja, status pernikahan, hingga nomor register pokok serta beberapa data pribadi lainnya.

Dalam unggahannya, peretas mengaku melakukan aksi tersebut dengan alasan tidak mendukung pemerintahan dalam memperlakukan rakyatnya. Peretas mengaku aksi tersebut dilakukan setelah banyak orang yang menghubunginya berbicara tentang kehidupan masyarakat di Indonesia.


Polri Pastikan Data Anggota dan Servernya Aman