Pemkab Gresik Bagikan Setengah Juta Masker Gratis

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemkab Gresik Bagikan Setengah Juta Masker Gratis


JawaPos.com – Pemkab Gresik terus bertindak cepat dan efektif mengawal masyarakat berkegiatan di era new normal. Beragam program pun dicanangkan untuk menyukseskannya.

Menerapkan protokol kesehatan secara disiplin menjadi kewajiban masyarakat saat berkegiatan di luar rumah pada era new normal. Memakai masker demi mencegah persebaran Covid-19 merupakan satu di antaranya. Kepatuhan masyarakat Gresik akan ketentuan itu membuahkan hasil. Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Gresik meningkat dalam beberapa hari belakangan.

Pemkab Gresik merespons hal itu dengan bekerja lebih keras. Program Gresik Bermasker pun dicanangkan untuk makin mempercepat kenaikan jumlah pasien sembuh dan mencegah persebaran Covid-19. Tindak lanjut dari program itu adalah Gerakan 500 Ribu Masker.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan pembagian 500 ribu masker gratis secara simbolis oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto kemarin (12/8). Kegiatan itu dipelopori Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, serta jajaran Forkopimda Gresik.

’’Beberapa hari yang lalu ada pencanangan di Jatim tentang 26 juta masker yang dipukul secara gotong royong oleh 38 kabupaten/kota. Diserahkan oleh tim penggerak PKK secara simbolis kepada masyarakat. Dan hari ini puncaknya pencanangan 500 ribu masker,’’ ungkap Bupati Sambari.

Masker gratis itu ditujukan bagi masyarakat yang membutuhkan. Yakni, mereka yang masih sulit mendapatkan masker untuk beraktivitas di luar rumah. Bupati akan melibatkan semua pihak agar pembagiannya tepat sasaran. Setengah juta masker hasil sumbangan berbagai pihak tersebut akan disalurkan melalui forkopimda, organisasi wanita, dan camat untuk dibagikan kepada masyarakat.

TEPAT SASARAN: Setengah juta masker didistribusikan Pemkab Gresik secara merata dengan melibatkan berbagai pihak hingga tingkat RT/RW. (Pemkab Gresik for JawaPos.com)

Sambari pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu Pemkab Gresik dalam pencegahan persebaran Covid-19. Apresiasi itu disampaikan saat apel pencanangan di halaman kantor Pemkab Gresik kemarin (12/8).

’’Kami sangat berterima kasih karena pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik saat ini sudah berangsur membaik. Mohon dukungan dan doa dari semuanya,’’ ujar Sambari optimistis.

Untuk itulah Sambari yang kemarin didampingi Wakil Bupati Moh. Qosim dan pejabat forkopimda meminta kesadaran semua pihak untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal itu harus dilakukan secara berkelanjutan, di mana pun dan kapan pun. Warga diimbau selalu mengenakan masker, sering cuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing, dan menghindari kerumunan.

Sambari juga berharap kepada seluruh camat yang hadir untuk menyukseskan gerakan pencegahan persebaran Covid-19 itu. Camat diharapkan tetap aktif melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat sambil membagikan masker sampai ke tingkat RT/RW.

Pada agenda tersebut, masker diberikan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik Maria Ulfa Sambari menyerahkan satu kotak besar masker kepada Ketua GOW Gresik Zumrotus Sholihah Qosim.

Satu kotak besar masker juga diserahkan kepada ketua Bhayangkari Gresik, perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana Gresik, ketua Dharma Wanita Gresik, dan perwakilan ibu-ibu yang lain.

Menurut Sambari, saat ini angka kesembuhan pasien Covid-19 lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasien positif. Tren menggembirakan itu siap dijaga dan didorong agar memberikan hasil lebih baik.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi menyampaikan bahwa setengah juta masker itu merupakan hasil sumbangan dari berbagai pihak selama ini. Sesuai instruksi Sambari, masker-masker itu harus sampai kepada masyarakat melalui camat dan jajaran ke bawah.

’’Menurut Bupati, masker ini penting karena efektif dalam pencegahan persebaran Covid-19. Kalau semua masyarakat Gresik bermasker, niscaya Gresik akan keluar dari pandemi Covid-19. Kami masih berharap kepada semua pihak, terutama perusahaan, untuk aktif membagikan masker kepada masyarakat,’’ jelasnya.


Pemkab Gresik Bagikan Setengah Juta Masker Gratis