Perkuat Riset, UIN Didorong Jadi Universitas Generasi Ketiga

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Perkuat Riset, UIN Didorong Jadi Universitas Generasi Ketiga


JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) memberikan perhatian khusus kepada universitas Islam negeri (UIN) untuk menjadi universitas generasi ketiga. Yaitu universitas yang berfokus mengembangkan riset dan pendidikan.

Komitmen tersebut disampaikan Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi saat berkunjung ke UIN Jakarta Selasa (18/8). Dia mengatakan perubahan menjadi universitas generasi ketiga adalah sebuah bentuk adaptasi. Menurut dia universitas seperti UIN di seluruh Indonesia, bisa tertinggal jika tidak beradaptasi menyesuaikan perkembangan saat ini.

Zainut mengatakan universitas generasi ketiga adalah suatu konsep dimana perguruan tinggi berperan menjadi innovation hub. Sehingga dapat mendukung pembangunan industri dari kegiatan risetnya. Untuk itu UIN sebagai universitas generasi ketiga harus memiliki kemitraan yang kuat dengan para mitranya.

Politisi PPP itu mengatakan sebuah universitas generasi ketiga mampu menjalankan peran untuk menciptakan nilai. Memanfaatkan ilmu pengetahuan melalui knowledge management. Kemudian juga memiliki tenaga ahli yang professional dan berjiwa wirausahawan. ’’Sigap merespon perasaingan pasar internasional. Serta memiliki kemandirian dan jati diri,’’ jelasnya.

Sebagai perguruan tinggi berbasis agama Islam, Zainut mengatakan orang-orang UIN memiliki kekhasan tersendiri. Diantaranya adalah memiliki komitmen pada nilai-nilai Islam yang moderat. Kemudian juga komitmen pada nilai-nilai yang mampu memberikan kontribusi bedar dalam merawat serta merajut kebhinekaan.

Menurut Zainut penguatan nilai-nilai itu cocok dengan kondisi saat ini. Di mana menurutnya, saat ini tengah merebak tren fanatisme, radikalisme, dan intoleransi di tengah masyarakat. Tren negatif itu muncul di dunia nyata maupun dunia maya.

Sementara universitas generasi pertama lebih berfokus menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Kemudian berkembang lagi menjadi universitas generasi kedua. ’’Universitas generasi kedua yaitu memiliki fokus untuk menyelenggarakan kegiatan penelitian,’’ katanya. Hilmi Setiawan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Perkuat Riset, UIN Didorong Jadi Universitas Generasi Ketiga