Ternyata ini Alasan Luhut Larang Turis Asing Wisata ke Indonesia

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Ternyata ini Alasan Luhut Larang Turis Asing Wisata ke Indonesia


JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, wisatawan asing dilarang berkunjung ke Indonesia hingga akhir tahun ini. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong dan meningkatkan kontribusi wisatawan domestik terhadap pariwisata Indonesia.

“Kita mau supaya turis domestik itu 70 persen. Turis asing kita pikir sampai akhir tahun belum terima,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (13/8).

Luhut memandang, masyarakat Indonesia terutama kelas menengah atas masih memiliki kemampuan finansial untuk berwisata dalam negeri. Sehingga, pemerintah fokus mengembalikan minat kelompok tersebut kembali berwisata di negeri sendiri dengan tetap menjaga protokol Covid-19.

“Duit di kita ini cukup banyak, kan yang umrah tidak ada. Itu setiap tahun hampir 500 ribu sampai 1 juta orang. Kan itu orang yang punya dana, yang umrah. Kemudian orang yang berobat ke Singapura, ke Penang di Malaysia kan enggak berobat,” ungkapnya.

Luhut berharap, perputaran uang dapat kembali hidup di dalam negeri untuk menggenjot pertumbuhan nasional, khususnya menghidupkan kembali sektor pariwisata yang saat ini mendapat pukulan keras. Luhut menyebut, dibandingkan menghabiskan dana dengan berwisata di negeri orang lebih naik dibelanjakan di negeri sendiri.

“Hampir semua kita hitung mungkin hampir puluhan miliar dolar. Nah itu kita ingin belanjakan dalam negeri,” imbuhnya.

Luhut menambahkan, pemerintah saat ini telah kembali membuka kawasan wisata di Bali dan Banyuwangi. Menurutnya, sejak dibuka pada sekitar dua pekan lalu, tak ada yang menunjukkan kasus baru Covid-19. Melihat kondisi ini, pemerintah akan terus mendorong pariwisata untuk buka kembali dan bangkit sebab membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Perlu waktu dan tidak mudah, dan ini yang paling cepat sebenarnya, 10 bulan. Nah kita sudah buka mulai dari Bali dan Banyuwangi,” tukasnya.


Ternyata ini Alasan Luhut Larang Turis Asing Wisata ke Indonesia