AHY: Biden Bawa Harapan Baru, Indonesia Harus jadi Pemain Kunci Dunia

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

AHY: Biden Bawa Harapan Baru, Indonesia Harus jadi Pemain Kunci Dunia


JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut baik terpilihnya Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru.

AHY menilai, Biden membawa harapan dan perubahan baru di peta politik internal AS. Hal itu menurutnya berdampak signifikan terhadap arah geo-ekonomi, geo-politik dan stabilitas keamanan internasional.

“Apa yang terjadi di AS hampir pasti akan memengaruhi dunia, termasuk Indonesia,” kata AHY dalam sambutan pembukaan Webinar Nasional ‘Pengaruh Global Kemenangan Joe Biden, khususnya Bagi Indonesia di Tengah Pandemi yang Belum Mereda’ yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat, Jumat (18/12).

Selain menyoroti gaya kepemimpinan Presiden Donald Trump yang tidak mudah diterka (erratic), AHY juga mencermati dinamika demokrasi internal dan perubahan arah politik luar negeri AS dibawah kepemimpinan Presiden Trump yang kurang sejalan dengan karakter AS selama ini.

“Setiap negara ingin mengutamakan kepentingannya. Tapi langkah Trump sering mengejutkan, misalnya AS mundur dari Paris Agreement dan Trans Pacific Partnership (TPP).

“Demikian pula dengan pendekatan perang dagang dengan Tiongkok. Model pendekatan seperti ini sering dianggap langkah mundur AS sebagai global leader,” ujar AHY.

Ke depan, AHY berharap Presiden Biden bisa ikut mendorong dunia untuk mengatasi pandemi Covid-19 dan memulihkan kembali perekonomian AS dan masyarakat internasional. Kehadiran Joe Biden sebagai pemimpin baru AS ini bisa membuka peluang baru bagi Indonesia, untuk kembali menjadi pemain kunci dalam agenda-agenda politik internasional.

“Indonesia harus menjadi responsible global player, bukan hanya regional player di kawasan Asia Tenggara,” kata AHY.

Baca juga: Ditetapkan Unggul Suara Elektoral, Joe Biden: Demokrasi Menang!


AHY: Biden Bawa Harapan Baru, Indonesia Harus jadi Pemain Kunci Dunia