Angka Penularan Covid-19 Tinggi, PMI Jember Siagakan Dua Armada Gunner

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Angka Penularan Covid-19 Tinggi, PMI Jember Siagakan Dua Armada Gunner


JawaPos.com–Palang Merah Indonesia (PMI) Jember menyiagakan dua armada gunner disinfektan akibat tingginya kasus Covid-19 menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di Kabupaten Jember.

”Kami merespons cepat terhadap tingginya kasus positif Covid-19 dengan mendatangkan lagi dua armada gunner untuk penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum,” kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki seperti dilansir dari Antara di Jember.

Menurut dia, penyemprotan disinfektan akan dilakukan di jalan raya, pusat perbelanjaan, sekolah, tempat ibadah, pasar, hingga lingkungan pondok pesantren di 31 kecamatan. Hal tersebut sebagai upaya menekan tingginya kasus penularan Covid-19.

”Penyemprotan dengan dua mobil gunner akan melibatkan personel gabungan dari sukarelawan PMI, pemerintah, kepolisian, dan TNI,” tutur Zaenal Marzuki.

Dia mengatakan, pelaksanaan penyemprotan desinfektan dengan menggunakan dua mobil gunner itu merupakan program PMI Jember yang didukung PMI Provinsi Jatim.

”Kami akan intensif melakukan penyemprotan disinfektan menjelang pilkada serentak hingga usai pelaksanaan pesta demokrasi di Jember,” kata Zaenal Marzuki.

Zaenal menjelaskan, Ketua Umum PMI Jatim Imam Utomo mendorong PMI Jember selaku koordinator jejaring untuk segera melakukan penyemprotan disinfektan dengan guna menekan penyebaran virus korona di wilayah jejaring PMI Jember. Utamanya kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak.

”Penyemprotan dimulai dengan sasaran kecamatan yang masuk zona merah, kemudian dilanjutkan kecamatan yang zona oranye dan kuning dengan melibatkan tim gabungan,” ujar Zaenal Marzuki.

Dia mengatakan, penyemprotan dengan mobil gunner akan dilanjutkan di Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi yang akan menggelar pilkada serentak juga.

”Penggunaan mobil itu dilakukan karena PMI Jember selaku koordinator jejaring PMI yang meliputi Kabupaten Lumajang, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, dan Kota Probolinggo,” papar Zaenal Marzuki.

Jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jember juga masih cukup tinggi dan transmisinya masih cukup tinggi, sehingga mendapatkan perhatian khusus dari PMI Jatim.

Berdasar data Satgas Penanganan Covid-19 Jember tercatat jumlah warga yang terkonfirmasi positif mencapai 2.441 orang dengan rincian 1.796 orang dinyatakan sembuh, 534 orang masih dirawat, dan sebanyak 111 meninggal dunia.


Angka Penularan Covid-19 Tinggi, PMI Jember Siagakan Dua Armada Gunner