Kemendagri Pantau Pelaksanaan Pilkada di Medan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kemendagri Pantau Pelaksanaan Pilkada di Medan


JawaPos.com–Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Kota Medan. Warga kota akan memilih pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan pada Rabu (9/12).

Kepala Seksi Evaluasi Kinerja Daerah Wilayah II Sekjen Kemendagri William dalam rapat desk Pilkada persiapan akhir di Medan mengaku, tugas pertama pihaknya, yakni sebagai tim pemantau khususnya pilkada di Kota Medan.

”Kenapa kami fokuskan pemilihan di Kota Medan, karena pilkada kali ini terdapat paslon merupakan anak menantu dari presiden. Sehingga kita diberikan amanat, harus ada orang Kemendagri ikut memantau pemilihan tersebut. Yang kedua tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Medan, juga perlu terus ditingkatkan,” tegas William.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Kemendagri mengharapkan partisipasi di Pilkada serentak tahun ini dapat mencapai 77,5 persen sesuai yang ditargetkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga paslon terpilih memiliki derajat legitimasi yang tinggi di mata rakyat.

”Jadi dampaknya pada saat penyelenggaraan pemerintahan, paslon terpilih akan membentuk sistem pemerintahan, baik dari segi birokrat, pelayanan, maupun perencanaan pembangunan. Itu yang kita harapkan dari Kota Medan, supaya pembangunan lebih baik lagi, stabil, dan lancar,” ungkap William.

Pelaksana tugas Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan Renward Parapat saat memimpin rapat tersebut menekankan supaya distribusi logistik pilkada harus berjalan dengan baik dan lancar.

KPU Kota Medan pada pilkada kali ini, menetapkan jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.601.001 orang, terdiri atas 781.953 pemilih laki-laki dan 819.048 pemilih perempuan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) menjadi 4.303 unit.

Selain itu, dia mengingatkan, tentang upaya meningkatkan partisipasi pemilih yang terus dilakukan. ”Jangan sampai kita semangat menyiapkannya, tetapi partisipasi pemilih rendah,” ucap Renward.

Saksikan video menarik berikut ini:


Kemendagri Pantau Pelaksanaan Pilkada di Medan