Lembaga Survei Unggulkan Pasangan Danny-Fatma di Pilkada Makassar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lembaga Survei Unggulkan Pasangan Danny-Fatma di Pilkada Makassar


JawaPos.com–Sejumlah lembaga survei yang melaksanakan hitungan cepat untuk Pilkada Makassar, Sulawesi Selatan, unggulkan pasangan calon Wali Kota dan Wali Kota Nomor Urut Satu Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse, usai penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu (9/12).

Hasil hitung cepat Celebes Research Center (CRC), data yang masuk 100 persen, melansir pasangan Danny-Fatma memperoleh suara 41,21 persen, disusul pasangan nomor urut dua Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) memperoleh 34,84 persen. Sedangkan pasangan nomor urut tiga, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) memperoleh suara 19,04 persen dan pasangan nomor urut empat, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin Nurdin Abdullah (Imun) hanya memperoleh 4,86 persen.

Manager Riset CRC Muhammad Nurhidayat menyampaikan, lembaganya sudah mendapat izin dari KPU Makassat dan terdaftar resmi, sehingga hitungan cepat yang dilaksanakan secara legal. Selain itu, riset menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 1 persen dan sebaran 200 TPS dari jumlah keseluruhan 2.394 TPS di Kota Makassar.

”Riset ini dilakukan sistem acak dan secara proporsional. Hasil ini tentunya kami tidak mendahului KPU, tapi hasilnya dimungkinkan tidak jauh dari hasil rekapitulasi KPU Makassar,” kata Muhammad Nurhidayat seperti dilansir dari Antara.

Sementara itu, lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI), juga melansir paslon nomor urut satu Danny-Fatma berada di posisi pertama dengan suara 40,66 persen, disusul paslon nomor urut dua Appi-Rahman 34,73 persen. Paslon nomor urut tiga Dilan 19,72 persen. Untuk paslon Imun hanya mendapat suara 4,89 persen.

Wakil Direktur lembaga survei JSI Popong Lingga Geni menjelaskan, metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin error 1 persen. Dari 2.394 TPS, yang diambil sampel sebanyak 270 TPS dengan sistem acak secara proporsional.

”Indikatornya adalah Danny Pomanto masuk dalam kategori petahana, kinerjanya selama menjabat disukai 70 persen. Selain itu, dari tiga paslon hanya Danny yang menggandeng calon perempuan,” beber Popong Lingga Geni.

Popong menambahkan, selain mendapat dukungan masyarakat, juga mendapat dukungan penuh dari dua partai besar yakni Nasdem dan Gerindra untuk memenangkan paslon itu.

Lembaga survei lain, Lingkaran Suara Indonesia (LSI) Denny JA melansir, pasangan nomor urut satu Danny-Fatma memperoleh 41,42 persen suara, dibuntuti paslon nomor urut dua, Appi-Rahman 34,70 persen. Kemudian paslon nomor urut tiga Dilan memperoleh 19,13 persen dan paslon nomor urut empat Imun 4,75 persen. Partisipasi pemilih 58,23 persen.

Peneliti JSI Denny JA Hanggoro Doso mengemukakan, survei itu juga menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error 1 persen. TPS yang dijadikan sampling sebanyak 250 unit dari jumlah total 2.394 TPS. Untuk jumlah DPT Pilkada Makassar 901.087 jiwa.

”Alasan keterpilihan Danny-Fatma disebabkan tingkat pengenalan masyarakat cukup tinggi mencapai 98,4 persen. Sedangkan wakilnya dari kalangan perempuan juga mendongkraknya. Tidak hanya itu, selama Danny Pomanto menjabat, masyarakat puas akan kinerjanya dengan persentase 75,9 persen,” beber Hanggoro Doso.

Faktor lain, tambah dia, adalah pengaruh serapan informasi media yang beredar di publik sehingga mendorong tingkat keterpilihannya ke publik lebih besar dibandingkan tiga calon lain yang baru mengenalkan diri.

”Mesin partai juga ikut membantu dalam sosialisasi. Soal pendapat hasil debat kandidat tidak terlalu berpengaruh dan hanya 50 persen yang menonton debat disiarkan televisi,” tambah Hanggoro Doso.

Saksikan video menarik berikut ini:


Lembaga Survei Unggulkan Pasangan Danny-Fatma di Pilkada Makassar